• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Taushiyah

Doakan Orang yang Tunaikan Ibadah Haji

Doakan Orang yang Tunaikan Ibadah Haji
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Siapapun yang mengunjungi saudara, tetangga, atau teman sejawat yang hendak menunaikan ibadah haji (anjang sana ke kediaman calon tamu Allah) seyogianya mendoakan untuknya agar diberi kesehatan dan keselamatan dalam perjalan mulai dari berangkat hingga kepulangannya, mendoakan agar diberi kemudahan dalam melaksanakan syarat, rukun, wajib dan sunnah haji serta mendoakan semoga nantinya memperoleh predikat haji mabrur.

   
Dahulu ada seseorang yang ketika hendak bepergian terlebih dahulu mendatangi Rasulullah saw dan minta agar didoakan, lalu Rasulullah saw bersabda: "Zawwadakallahut taqwa - semoga Allah membekalimu dengan takwa". 


Lalu orang itu berkata tambahkan lagi Ya Rasulallah, maka Rasulullah pun menambahkan "Waghafara dzanbaka - semoga Allah mengampuni dosamu". Orang itu berkata tambahkan lagi ya Rasulallah, maka Rasulullah menambahkan doanya "Wayassara lakal khaira chaitsuma kunta - semoga Allah memudahkanmu dalam jalan kebaikan di manapun kamu berada".

   
Doa yang dipanjatkan oleh Rasulullah itulah yang sering (biasa) dibaca pada acara pamitan haji (walimatus safar) dan dibaca oleh orang-orang ketika mengunjungi keluarga, tetangga, dan teman sejawat yang hendak berangkat menunaikan ibadah haji. 


زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى وَغَفَرَ ذَنْبَكَ وَيَسَّرَ لَكَ الخَيْرَ حَيْثُمَا كُنْتَ
 

   
Zawwadakallaahut taqwaa, wa ghafara dzanbaka, wa yassara lakal khaira haitsumaa kunta.

Artinya: 
Semoga Allah membekalimu dengan takwa, mengampuni dosamu, dan memudahkanmu dalam jalan kebaikan dimanapun kau berada. 


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru