• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Kamis, 23 Mei 2024

Taushiyah

Cara Terima Kasih Kepada Sesama

Cara Terima Kasih Kepada Sesama
Foto: Ilustrasi (merdeka.com)
Foto: Ilustrasi (merdeka.com)

Sesungguhnya orang-orang yang berucap terima kasih ketika menerima pemberian dari orang lain, maka mereka akan digolongkan kepada ahli syukur (orang-orang yang bersyukur kepada Allah). 


Sebaliknya, orang-orang yang tidak bersyukur (terima kasih) kepada manusia, sejatinya mereka itu sedang kufur nikmat, atau dengan kata lain mereka telah mengingkari nikmat yang datang dari-Nya melalui tangan manusia.

   
Ada kalimat yang diajarkan oleh Rasulullah saw yang musti diucapkan oleh seseorang ketika mendapatkan kebaikan dari orang lain, yaitu 'jazakallahu khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan)' sebagai perwujudan ungkapan terima kasih.


Hadits nabi:


عَنْ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم "مَنْ صُنِعَ إِلَيْهِ مَعْرُوفٌ فَقَالَ لِفَاعِلِهِ جَزَاكَ اللَّهُ خَيْرًا فَقَدْ أَبْلَغَ فِى الثَّنَاءِ" .


Artinya:
Dari Usamah bin Zaid berkata, Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang mendapatkan kebaikan, lalu ia mengatakan kepada pelakunya, "Jazakallahu khairan (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan)", maka sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian. (HR Tirmidzi)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru