• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Kamis, 23 Mei 2024

Taushiyah

Tidak Berterima Kasih Berarti Kufur Nikmat

Tidak Berterima Kasih Berarti Kufur Nikmat
Foto: Ilustrasi (teras jatim)
Foto: Ilustrasi (teras jatim)

Ketika engkau memberi sesuatu kepada orang lain, biasanya orang yang engkau beri (yang menerima pemberian) mengucapkan terima kasih sebagai ungkapan rasa syukur sehingga membuatmu senang yang terkadang malah membuatmu bangga dan tersanjung.

    
Di sisi lain ada orang yang ketika menerima pemberian dari orang lain tidak mengucapkan kalimat apapun sehingga membuat hati si pemberi menjadi kaku lalu jengkel dan nggedumel "la hiya dikasih sesuatu kok tidak berterima kasih".

    
Jangan engkau risau, apalagi sampai sakit hati lalu nggedumel ketika engkau tidak mendengar kata terima kasih dari mulut orang yang engkau beri sesuatu, mengapa? Karena ketika orang yang engkau beri sesuatu tidak mengucapkan terima kasih sedangkan engkau ihklas dan ridha atas pemberiamnu maka yang demikian akan menambah pahala sedekahmu. Sedangkan bagi yang menerima pemberian dan tidak berterima kasih berart sedang kufur nikmat.

    
Barangsiapa yang tidak berterima kasih kepada manusia sesungguhnya ia termasuk orang yang tidak bersyukur kepada Allah. Hadits nabi:


لاَ يَشْكُرُ اللَّهَ مَنْ لاَ يَشْكُرُ النَّاسَ


Artinya:
Tidaklah bersyukur kepada Allah, orang yang tidak bersyukur (berterima kasih) kepada manusia.
(HR Abu Dawud dan Ahmad)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri
 


Taushiyah Terbaru