• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Sosok

Dua 'Gus' Ini Sisihkan Laba dari Usaha Tempe untuk Bangun Masjid di Purworejo

Dua 'Gus' Ini Sisihkan Laba dari Usaha Tempe untuk Bangun Masjid di Purworejo
Laba dari jualan tempe disumbangkan untuk pembangunan masjid di Purworejo (Foto: Rohadi)
Laba dari jualan tempe disumbangkan untuk pembangunan masjid di Purworejo (Foto: Rohadi)

Purworejo, NU Online Jateng
Banyak cara yang dilakukan umat Islam untuk membangun masjid. Mulai dari mengumpulkan donasi warga, ajukan proposal ke pemerintah, hingga menyisihkan sebagian dari keuntungan usaha.

 

Seperti yang dilakukan dua Gus muda di Kabupaten Purworejo menyisihkan labanya seratus persen dari hasil penjualan tempe untuk bantu pembangun Masjid Miftachul Huda, di Desa Tirip, Kecamatan Gebang, Kabupaten Purworejo.

 

Dua Gus muda yaitu, Gus Wisnu Ponco Atmojo asal Kelurahan Baledono dan Gus Sulaiman Tajudin asal Kelurahan Sindurjan rela hasil laba jualan tempe nya seratus persen untuk disumbangkan ke pembangunan masjid.

 

"Cerita awal itu saya dan teman saya (Inuk) berencana berkolaborasi untuk bisnis tempe. Ketika mau memulai bisnis kebetulan Gus Inuk itu punya tanggung jawab besar untuk mencari dana pembangunan masjid di perumahan HD Desa Tirip Kecamatan Gebang," ujar Gus Sulaiman Tajudin kepada NU Online Jateng, Sabtu (24/7).

 

Dijelaskan, sebelum memulai pembangunan, Gus Inuk menyempatkan diri untuk sowan ke KH Muslim Sofyan dan didawuhi untuk benar-benar memperjuangkan pembangunan masjid.

 

Dijelaskan, setelah ke lokasi dan temui dirinya mengajukan proposal dan hasilnya masih jauh dari target, akhirnya Gus Inuk mempunyai inisiatif untuk menyumbangkan laba bersih 100% hasil penjualan 1 bulan untuk pembangunan masjid.

 

"Laba bersih 100% untuk penjualan 1 bulan awal untuk pembangunan masjid, dan Alhamdulillah sudah berjalan sekitar 2 mingguan ini," tutur Gus Udin.

 

 

Dirinya berharap, ke depannya masih bisa terus berlangsung untuk selalu diberikan kemauan dan kekuatan berbuat baik dan bermanfaat untuk manusia sekitar dan usaha kami diberi keberkahan yang luar biasa dari Alloh Swt.

 

"Syukur-syukur kami bisa berkontribusi untuk umat dan warga NU dan umumnya," ungkapnya.

 

Gus Wisnu Ponco Atmojo menjelaskan, dengan menyumbangkan seluruh keuntungan dari jualan tempe supaya bisa membantu pembangunan masjid Miftahul Huda dan semoga dapat mengetuk hati para dermawan agar bisa ikut berpartisipasi dalam pembangunan masjid.

 

"Harapan ke depan, semoga diberi istiqamah dalam beramal. Meski belum banyak semoga bisa terus berbuat dalam kebaikan. ke depan semoga kita juga dapat membantu pembangunan masjid-masjid yang lainnya," pungkasnya.

 

Kontributor: Achmad Rohadi 
Editor: M Ngisom Al-Barony


Sosok Terbaru