• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Regional

PWNU Jateng Sebut Khidmah di NU untuk Emban Amanah Bukan Raih Jabatan

PWNU Jateng Sebut Khidmah di NU untuk Emban Amanah Bukan Raih Jabatan
Ketua PWNU jateng KHM Muzamil (kanan) saat menerima sejumlah bantuan untuk pembangunan Pesantren Mahasiswa NU dari PCNU Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Insan al-Huda)
Ketua PWNU jateng KHM Muzamil (kanan) saat menerima sejumlah bantuan untuk pembangunan Pesantren Mahasiswa NU dari PCNU Banyumas (Foto: NU Online Jateng/Insan al-Huda)

Banyumas, NU Online Jateng
Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Abdul Munib Muchit menyebut amanah yang diemban dalam organisasi NU bukan merupakan sebuah jabatan, akan tetapi merupakan khidmah untuk memberikan pelayanan.


"Jika khidmah di NU dianggap sebagai jabatan itu keliru dan harus diluruskan. Karena kita di NU itu sebagai pelayan untuk memberikan bantuan tenaga dan pikiran untuk kesejahteraan warga NU khususnya," ujarnya.


Hal itu disampaikan saat melakukan silaturahim dengan jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Banyumas di Kantor PCNU setempat pada Senin (27/6/2022) malam.


Dikatakan, banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengurus di NU. Selain sebagai khadimul ummah, pengurus punya kewajiban membentengi ajaran ahlussunnah wal jamaah (Aswaja) An-Nahdliyah dengan haliyah.


"Membentengi Aswaja dengan haliyah ini tugas kita. Putra-putri warga NU yang SDMnya sudah baik hendaknya dikoordinasikan dan diberdayakan untuk berkhidmat. Jangan sampai kader-kader muda NU malah tergiur dan masuk ke kelompok lain yang membid'ah-bid'ahkan ajaran NU," tegasnya.


Rais PCNU Kabupaten Banyumas KH Mughni Labib menyampaikan agar program-program NU Banyumas yang belum terlaksana dapat segera direalisasikan, karena itu merupakan amanat konferensi.


"Selain itu, program-program yang mendorong kita untuk bertaqwa supaya ditingkatkan. Bertaqwalah kepada Allah dan bersamalah dengan orang-orang yang jujur," ucapnya.


Ketua PCNU Kabupaten Banyumas KH Sabar Munanto melaporkan, PCNU Banyumas saat ini sedang melakukan persiapan-persiapan guna penilaian kinerja para pengurus NU di semua tingkatan untuk meningkatkan kualitas khidmahnya.


"Program LAZISNU dan lembaga-lembaga lainnya sudah mulai meningkat sehingga kemandirian NU mulai kembali terlihat," terangnya.


Dalam acara tersebut Rais PCNU Banyumas KH Mughni Labib menyerahkan dana infaq sejumlah Rp50 juta untuk pembangunan Pesantren Mahasiswa NU Jateng kepada Ketua PWNU Jateng HM Muzamil.


"Terima kasih atas jariyahnya semoga bertambah manfaat dan barakah," pungkas Kiai Muzamil.


Pengirim: Insan Al-Huda


Regional Terbaru