• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

Pembangunan Gedung RSINU Cakra Medika Mayong Jepara Dikebut

Pembangunan Gedung RSINU Cakra Medika Mayong Jepara Dikebut
Pembangunan gedung RSINU Mayong, Jepara (Foto: Dok)
Pembangunan gedung RSINU Mayong, Jepara (Foto: Dok)

Jepara, NU Online Jateng 
Pembangunan  gedung lima lantai yang disiapkan untuk Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Cakra Medika Mayong Jepara terus dikebut, dijadwalkan pembangunan fisik akan selesai pada bulan Oktober mendatang.


"Pembangunan gedung RSINU Cakra Medika Mayong terus dikerjakan, diharapkan pada saat peringatan Hari Santri 2024 pada 22 Oktober mendatang sudah rampung dan bulan November rumah sakit mulai dioperasikan," kata ketua panitia pendirian RSINU Cakra Medika Mughits Nailufar.


Gus Mughits panggilan akrabnya mengatakan hal itu melalui siaran pers panitia pembangunan RSINU Cakra Medika Mayong Jepara yang diterima redaksi NU Online Jateng, Sabtu (18/5/2024).


Disampaikan, sebelum menyelesaikan pembangunan gedung, panitia pendirian rumah sakit melakukan berbagai persiapan, termasuk menyiapkan kelengkapan dokumen, di antaranya Surat Keterangan Tata Ruang (SKTR) dan Rekomendasi Kelayakan Kondisi Tanah dari tim independen.


"Selain itu, surat ijin usaha mendirikan RS, ijin lokasi, ijin lingkungan, nomor induk berusaha, pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup, sampai ijin mendirikan bangunan RS juga sudah dikantongi," ujarnya.


Ditambahkan, pembangunan rumah sakit NU yang berlokasi di dekat kawasan komplek perumahan Mayong Raya Indah Singorojo ini telah direncanakan oleh pengurus MWCNU Mayong sudah lama dan mendapat dukungan dari sejumlah tokoh  dan sebagian besar warga masyarakat.


Salah satu dukungan itu, ujarnya, ditandai dengan penyerahan hibah tanah seluas 1.500 meter persegi, sekaligus investasi bersama berupa tanah seluas 1.280 meter persegi. Di atas lahan itulah bangunan fisik setinggi 5 lantai dibangun dengan berbagai fasilitas pendukungnya. 


"Upaya untuk mewujudkan rumah sakit NU di Mayong diawali dengan membentuk badan hukum bernama Yayasan Kesehatan Islam Nahdlatul Ulama (Yakisnu) Mayong. Keberadaan yayasan ini untuk pengajuan perijinan pra pembangunan," terangnya.

 
Setelah proses pembangunan, keberadaan Yakisnu Mayong berlanjut dengan membentuk Perseroan Terbatas (PT) guna sharing dan partnership berkaitan modal usaha bisnis berupa RSINU Cakra Medika Mayong


Bendahara Yakisnu Abdi Munif menjelaskan, proses pembangunan RSINU Mayong sempat terhenti karena badai pandemi Covid-19. Namun kini sudah berjalan lagi.


Dikatakan, keberadaan RSINU Cakra Medika Mayong diharapkan  dapat mendorong ekosistem kesehatan baru bagi NU di Jepara yang didukung keberadaan klinik-klinik pratama di setiap MWCNU di seluruh Jepara. 


"Kami sudah bergerak, kami memiliki komitmen membangun satelit penyangga melalui ketersediaan klinik di setiap MWCNU. Tentu untuk merealisasikannya kami akan bermitra dengan seluruh MWCNU di Jepara," pungkasnya.


Pengirim: Zakaria Ansor


Regional Terbaru