• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Regional

Terima Dana Puluhan Juta, LAZISNU Lebak Jepara Masifkan Penggalangan Koin NU

Terima Dana Puluhan Juta, LAZISNU Lebak Jepara Masifkan Penggalangan Koin NU
LAZISNU Lebak Jepara bantu modal usaha warga (Foto: NU Online Jateng/Syaiful Mustaqim)
LAZISNU Lebak Jepara bantu modal usaha warga (Foto: NU Online Jateng/Syaiful Mustaqim)

Jepara, NU Online Jateng
Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Ranting Lebak, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara baru menggerakkan koin NU bulan September lalu. 


Dengan membagikan 3000 kotak kepada warga, bulan lalu terkumpul dana Rp30 juta lebih. Pengumpulan koin dibantu Petugas Penjemput Koin (PPK) sejumlah 38 personel yang mengambil pada tanggal 23, 24, dan 25 pada setiap bulan. 


Rais PRNU Lebak, Kiai Nindomudin mengatakan, gerakan koin NU bisa memberikan manfaat bagi warga NU sehingga pihaknya mengajak pengurus LAZISNU untuk menggalakkan dan berbagi. 


"Jika kita tidak dapat memberikan manfaat dengan harta kita, setidaknya dengan menggagas dan melaksanakan penghimpunan harta orang banyak untuk disalurkan kepada yang berhak juga tergolong manfaat," jelasnya. 


Ketua PRNU Lebak Kiai Sukron Amin menjelaskan, koin NU merupakan bukti kehadiran NU sebagai jamiyah sosial kemasyarakatan dan tidak hanya sebagai organisasi keagamaan saja. 


"Alhamdulillah respons masyarakat sangat bagus dengan program gerakan koin NU. Semoga ke depan hasil penghimpunan koin mengalami perkembangan dan manfaat kepada masyarakat semakin luas," harapnya.





Ketua LAZISNU Lebak Azaz Riyadi kepada NU Online Jateng, Selasa (4/10/2022)  mengatakan, embrio gerakan koin NU sebenarnya sudah ada sejak 2 tahun lalu namun masih dalam lingkup internal pengurus NU dan Banom. "Yang skala besar se-desa baru dimulai bulan September kemarin," katanya. 


Setelah terkumpul, pihaknya kemudian mendistribusikan hasil penggalangan koin untuk beragam program di antaranya siaga bencana, pendidikan, sosial, ekonomi, dan keagamaan. 


Dikemukakan, target distribusi koin untuk membantu meringankan beban warga atau lembaga sebagai pertanggungjawaban program koin NU desa Lebak. "Hal ini wujud kehadiran NU di Desa Lebak sebagai organisasi keagamaan, dan sosial kemanusiaan," pungkasnya.


Kontributor: Syaiful Mustaqim 


Regional Terbaru