• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Regional

BAHTSUL MASAIL NU JATENG

Oleh-oleh Khas Tegal yang Wajib Dimiliki Peserta Bahtsul Masail NU Jateng

Oleh-oleh Khas Tegal yang Wajib Dimiliki Peserta Bahtsul Masail NU Jateng
Poci terbuat dari tanah liat oleh-oleh khas Kota Tegal (Foto: javatravel.net)
Poci terbuat dari tanah liat oleh-oleh khas Kota Tegal (Foto: javatravel.net)

Tegal, NU Online Jateng
Perhelatan besar NU Jawa Tengah di Kota Tegal berupa 'Bahtsul Masail Diniyah' tinggal menghitung waktu. Panitia wilayah dan daerah terus melakukan berbagai persiapan yang akan berlangsung di Pesantren Asrama perguruan Islam (API) Muarareja, Kota Tegal pada Senin (6/6/2022).


Tentu peserta akan sangat sayang jika ke Kota Bahari Tegal cuma memanfaatkan waktunya hanya untuk mengikuti berbagai kegiatan yang di helat PWNU Jawa Tengah bersama PCNU Kota Tegal sepanjang hari di kawasan Pantai Utara Jawa Tengah.


Maka, buah tangan atau oleh-oleh perlu untuk keluarga, kerabat dan pengurus NU di rumah agar kehadiran di Kota Tegal semakin berkesan. Apa saja oleh-oleh khas Kota Tegal yang bisa dibawa pulang? Berikut NU Online Jateng rekomendasikan yang dikutip dari javatravel.net

  
Mug Tanah Liat

Memberikan buah tangan untuk saudara dan keluarga di rumah, tak melulu soal makanan. Pasalnya, anda bisa membeli mug yang terbuat dari tanah liat ini ketika sedang mengunjungi Kota Tegal. Souvenir satu ini tentu saja akan sangat cocok untuk anda gunakan sebagai oleh-oleh untuk orang tercinta. Anda pun dapat dengan mudah untuk menemukannya karena mug ini tersebar di beberapa toko souvenir di daerah Tegal.


Untuk itu, anda pun bisa membelinya sebagai salah satu oleh-oleh yang unik dan khas yang hanya bisa untuk anda temui di daerah Tegal. Untuk harganya pun juga tidak terlalu mahal dan ramah di kantong sehingga anda pun bisa membelinya dengan jumlah yang cukup banyak dan bisa untuk anda bagikan dengan kerabat di rumah. Anda pun bisa membelinya di Raja Souvenir Tegal.


Poci Tegal

Selain mug tanah liat, maka anda pun juga bisa untuk membawa pulang poci khas Tegal yang memang telah terkenal. Untuk anda yang tertarik, maka harga untuk satu set poci tegal ini dapat dijual dengan kisaran harga sekitar 80 ribu rupiah. Anda pun dapat membeli satu set poci ini di daerah pengrajin poci yang terdapat di daerah Talang. Atau andapun juga bisa membelinya di dalam mall ataupun suprmarket seperti Pacific Mall, Rital Mall, dan juga Mutiara Cahaya.

 
Kaos Galgil

Selain alat untuk minum, maka anda pun juga bisa untuk membeli buah tangan khas Kota Tegal yakni Kaos Galgil yang sangat populer di kota satu ini. Di sini anda pun dapat dengan mudah untuk memesan motifnya. Selain itu, anda pun juga bisa dengan mudah untuk memilih ragam motif maupun desain yang telah tersedia sehingga nantinya anda pun akan lebih mudah untuk memilihnya. Untuk membelinya, anda bisa mengunjungi pusat toko yang berada di jalan Mangkukusuman.


Tahu Aci dan Tahu Pletok
Bagi anda yang ingin membawa pulang buah tangan berupa makanan yang bisa untuk anda bawa untuk keluarga di rumah, maka tahu aci dan tahu pletok ini merupakan salah satu pilihan yang tepat. Di sini anda bisa dengan mudah sekali untuk menemukan oleh-oleh satu ini dikarenakan keberadaannya yang telah tersohor dari jaman dulu.


Untuk itu, tak heran jika banyak wisatawan memburu jajanan satu ini sebagai salah satu cindera mata yang bisa untuk anda bawa pulang. Untuk harganya sendiri pun cukup terjangkau, anda hanya perlu untuk merogoh kocek sebesar seribu rupiah saja. selain itu, ada pula tahu pletok yang bisa anda beli dengan harga sekitar 2 ribu rupiah. Untuk membelinya, anda bisa menemukannya di sekitar jalan Diponegoro yang berada dekat dengan alun-alun Kota Tegal.




Kacang bogares  (Foto: javatravel.net)


Latopia
Makanan satu ini merupakan salah satu oleh-oleh yang wajib untuk anda bawa pulang ketika sedang mengunjungi Kota Tegal. Di Kota Tegal sendiri juga memiliki bakpia yang terkenal dengan sebutan Latopia. Untuk pembedanya adalah terletak pada ukurannya yang mmepunyai ukuran lebih besar dan memiliki kulit pia yang cenderung lebih gurih dan renyah.


Untuk teksturnya sendiri, Latopia ini memiliki bentuk yang lebih padat. Makanan satu inipun dapat dengan mudah untuk anda temukan di Kota Tegal. Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh atau juga ke pasar tradisional yakni pasar pagi Tegal yang brada di blok A. Untuk harganya sendiri, biasanya Latopia ini dibanderol dengan harga sekitar 15 ribu rupiah dengan isi satu plastik berisi 10 buah Latopia.


Kerupuk Antor
Buah tangan satu ini juga menjadi slah satu oleh-oleh yang wajib untuk anda bawa pulang ketika mengunjungi Kota Tegal. Tak heran, jika negara Indonesia ini memang terkenal dengan berbagia jenis kerupuk yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Untuk itu, di Tegal sendiri pun anda bisa mencoba untuk mecicipi kerupuk antor yang memiliki ukuran yang lebih kecil dari kerupuk upil.

 
Untuk anda yang ingin mencobanya, maka anda pun bisa dengan mudah untuk membelinya di beberapa pasar tradisional yang terletak di Kota Tegal. Dengan memiliki aroma dan cita rasa yang lebih kuat daripada kerupuk ini, maka tak heran jika bagi wisatawan yang menyukai kerupuk, maka juga akan membawa oleh–oleh khas satu ini ketika akan kembali ke kampung halaman.


Kamir

Kue yang terbuat dari tape singkong dan tepung terigu yang dicampur dengan susu putih ini juga menjadi salah satu alternatif pilihan yang bisa untuk anda bawa pulang sebagai buah tangan. Memiliki cita rasa yang enak, maka kue satu ini pun juga mampu bertahan selama 1 hari dalam suhu ruangan biasa dan dapat bertahan sekitar dua hari ketika disimpan di dalam kulkas.


Untuk itu, anda pun bisa membawa pulang oleh–oleh satu ini yang bisa untuk anda dapatkan di pinggir jalan. Bagi anda yang sulit untuk menemukannya, maka anda bisa menyusuri sepanjang Jalan RSUD Kardinah hingga jalan Rumah Bersalin di daerah Tegal untuk bisa menemukan jajanan khas dari Kota Tegal ini.


Pilus
Ketika berkunjung ke Kota Tegal, pastikan anda untuk membeli camilan satu ini sebagai buah tangan. Pilus di kota ini pun memiliki rasa yang cenderung gurih sehingga akan sangat cocok untuk anda nikmati sebagai pendamping makanan berkuah. Pilus yang berasal dari Tegal ini tidak mengandung bahan pengawet dan mampu bertahan hingga 1 bulan dengan keadaan tertutup rapat sehingga akan tetap dalam keadaan yang renyah.


Kacang Bogares
Satu lagi oleh–oleh khas Kota Tegal yang bisa untuk anda bawa pulang adalah kacang Bogares. Kacang satu ini memiliki rasa yang cukup unik sehingga beda dengan kacang kulit lainnya. Untuk itu, ketika anda sedang berada di Tegal cemilan satu ini wajib untuk anda bawa pulang. Anda bisa menemukan kacang kulit ini di tempat seperti pasar tradisional ataupun pusat oleh-oleh di Kota Tegal.


Keripik Tahu
Keripik satu ini pun juga bisa untuk anda jadikan buah tangan saat sedang berada di Kota Tegal. Pada umumnya, keripik satu ini terbuat dari jenis tahu kuning yang lebih padat jika dibandingkan dengan tahu putih biasa. Untuk itu, hal inilah yang mendasari pembuatan keripik tahu tersebut. Keripik satu ini pun mempunyai rasa yang renyah dan gurih serta juga tidak meninggalkan tekstur asli tahu yang cenderung lembut.


Gemblong Ocar-acir

Jajanan terakhir yang bisa untuk anda bawa pulang sebagai buah tangan khas Kota Tegal adalah gemblong Ocar–acir. Makanan ini mungkin terdengar asing dan mempunyai cita rasa yang cukup menggiurkan sehingga anda pun bisa menikmatinya. Anda bisa menemukan makanan satu ini bisa dengan mudah untuk anda temukan di pasar tradisional dan dibanderol dengan harga sekitar 5 ribu rupiah saja.


Setelah puas berjalan-jalan menyusuri kota Tegal, maka anda pun bisa membeli oleh-oleh khas yang merupakan makanan dan souvenir khusus yang berasal dari kota satu ini. Untuk itu, anda pun dapat dengan mudah untuk menemukan oleh-oleh dengan berbelanja di pasar tradisional kota Tegal atau toko oleh-oleh ynag tersebar di kota satu ini.


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru