• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Regional

BAHTSUL MASAIL NU JATENG

NU Jateng Gelar Bahtsul Masail di Kota Tegal, Ini Jadwal dan Rute Lokasinya

NU Jateng Gelar Bahtsul Masail di Kota Tegal, Ini Jadwal dan Rute Lokasinya
Foto: Ilustrasi (nu online jateng)
Foto: Ilustrasi (nu online jateng)

Semarang, NU Online Jateng
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah melalui Lembaga Bahtsul Masail bakal menggelar agenda masail diniyah tingkat Jawa Tengah di Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Muarareja, Kota Tegal pada Senin (6/6) mendatang.


Berbagai persiapan telah dilakukan baik as'ilah (masalah yang akan dibahas), persiapan lokasi kegiatan, maupun tamu-tamu non peserta yang bakal dihadirkan.


Ketua PWNU Jawa Tengah HM Muzamil mengatakan, momentum bahtsul masail di Kota Tegal sangat tepat membahas masalah hewan kurban yang sempat tertunda pembahasannya dan bertepatan menjelang hari raya Idul Kurban 1443 Hijriah.


"Ada 1 masalah yang perlu segera mendapat jawaban dari Lembaga Bahtsul Masail NU Jateng yakni persoalan seputar kurban dan dari jawaban itu diharapkan bisa menjadi panduan umat Islam yang akan menggelar penyembelihan hewan kurban," ujarnya.


Selain acara bahtsul masail, PWNU Jateng juga akan menggelar Halal Bihalal tingkat Jateng dan mensosialisasikan hasil-hasil Konferensi Besar (Konbes) 2022 di Jakarta. Menurutnya, ini sangat penting untuk segera diketahui oleh jajaran NU tingkat cabang dan MWCNU se-Jawa Tengah.


"Ada beberapa keputusan penting terkait dengan model pengkaderan yang baru di lingkungan NU harus segera diketahui. Karena PBNU telah memutuskan pengkaderan bisa digelar kembali mulai 1 Juni 2022 setelah sempat dimoratorium," ucapnya.


Terkait dengan kegiatan PWNU Jateng di Kota Tegal, Muzamil menjelaskan bahwa acara akan digelar selama 1 hari dengan agenda sebagai berikut:

08.00 - 09.00 Registrasi peserta
09.10 - 10.00 Persiapan pembukaan
10.00 - 12.00 Pembukaan dan Peluncuran Kesehatan
12.00 - 13.00 Istirahat
13.00 - 16.00 Pembahasan masalah dan sosialisasi hasil Konbes
16.00 - 17.00 Penyampaian hasil pembahasan dan penutupan


Rute Menuju Lokasi


Ketua Panitia Daerah Sudiharto menjelaskan, Pesantren API Muarareja terletak di kawasan Kota Tegal Barat dekat dengan pantai. Untuk menuju ke lokasi kegiatan panitia memberikan gambara rute sebagai berikut:

  1. Peserta dari arah Timur dan Timur Selatan bisa melalui jalan tol dan keluar di pintu tol Brebes Timur kemudian belok kanan menuju arah Kota Tegal. Setelah terminal bus ada jalan belok kiri (ada Banser yang bertugas) terus ke utara menyusuri Jalan Mataram belok kanan masuk Jalan Brawijaya menuju lokasi acara (ada Banser bertugas).
  2. Peserta dari arah selatan (Cilacap, Banyumas, Purbalingga, Wonosobo, dll) melalui jalur Purbalingga-Pemalang bisa langsung masuk tol (rute sama pada nomer 1 di atas) atau lewat jalur reguler sampai di Kota Tegal ambil jalur lingkar utara (Polres Tegal Kota lurus ke barat) sekitar 1 KM ada perempatan belok kanan masuk Jalan Mataram (ada Banser yang bertugas) selanjutnya mengikuti arah yang sama seperti pada rute nomer 1.


"Alhamdulillah, hingga H-2 seluruh persiapan sudah selesai. Kami telah menyiapkan ruangan untuk sidang-sidang komisi maupun pertemuan khusus untuk PWNU dan PCNU se-Jateng," ujarnya kepada NU Online Jateng, Jumat (3/6).


Dirinya berharap, acara berlangsung lancar dan sukses. Pihaknya sudah menyiapkan yang terbaik untuk menyambut dan melayani tamu-tamu agung ulama, kiai, pengurus NU saat hadir di Pesantren API Muarareja.


Penulis: M Ngisom Al-Barony 


Regional Terbaru