• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 28 Mei 2024

Regional

NU Sukoharjo Sumbang Puluhan Kantong Darah Ke PMI

NU Sukoharjo Sumbang Puluhan Kantong Darah Ke PMI
Kegiatan donor darah warga NU Sukoharjo (Foto: NU Online Jateng/Masri Zaini)
Kegiatan donor darah warga NU Sukoharjo (Foto: NU Online Jateng/Masri Zaini)

Sukoharjo, NU Online Jateng
Sedikitnya 40 orang warga NU mengikuti kegiatan donor darah dalam rangka aksi sosial NU untuk kemanusiaan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di Mushala NU Nurussalam Jagan, Bendoaari Sukoharjo, Ahad (3/7).


Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sukoharjo KH Khomsun Nur Arif mengatakan, kegiatan donor darah warga NU untuk kemanusiaan sebagai bukti bahwa NU hadir di tengah-tengah masyarakat.


"Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi bakti sosial berupa donor darah ini untuk kesehatan, terutama bagi warga NU," ujarnya.


Menurutnya, aksi kemanusiaan berupa donor darah bisa menjadi program rutin NU Sukoharjo, sehingga PMI selaku regulator tidak mengalami kesulitan suplai darah yang sewaktu-waktu sangat dibutuhkan bagi warga.

  
"Harapan kami, kegiatan seperti ini jangan sampe berhenti sampai di sini saja, namun terus dipertahankan dan dapat berlanjut secara berkala," ucapnya.


Ketua Panitia Kegiatan Aksi Sosial Kemanusiaan Arri Budi Prasetyo kepada NU Online Jateng, Kamis (7/7/2022) menjelaskan, kegiatan kegiatan donor darah diprakarsai Takmir Mushala NU Nurussalam dan Remaja Jurangsari Desa Jagan, Kecamatan Bendosari bertujuan untuk memberikan kontribusi kemanusiaan melaui donor darah.


"Alhamdulillah, yang ikut donor ada 40 orang termasuk para Pengurus NU Sukoharjo. Mereka datang sendiri dan ada juga yang datang bersama keluarga," terangnya.


Disampaikan, dari 40 peserta ada beberapa peserta yang tidak bisa diambil darahnya  karena tidak memenuhi persyaratan, meski begitu pelaksanaan aksi donor darah berjalan dengan lancar dan sukses terbukti PMI mendapatkan sekitar 31 kantong darah segar. 


"Kami berharap kegiatan aksi donor darah ini dapat terlaksana secara periodik paling tidak 3 bulan sekali," pungkasnya. 


Kontributor: Masri Zaini 


Regional Terbaru