• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 28 Mei 2024

Regional

SEMARAK RAMADHAN 1443 H

NU Online Jateng Gelar Tadarus Jurnalistik di Pesantren Al-Inaroh Batang

NU Online Jateng Gelar Tadarus Jurnalistik di Pesantren Al-Inaroh Batang
Pesantren Al-Inaroh Batang (Foto: Istimewa)
Pesantren Al-Inaroh Batang (Foto: Istimewa)

Batang, NU Online Jateng
Media NU Online Jateng bekerjasama dengan Pesantren Al-Inaroh Batang akan menggelar 'Tadarus Jurnalistik' di Pesantren Putri Al-Inaroh Wonotunggal, Kabupaten Batang pada Sabtu (16/4) siang.


Pemimpin Umum NU Online Jateng Samsul Huda mengatakan, kegiatan tadarus jurnalistik berisi pendidikan dasar seputar pemberitaan, wawancara, liputan, dan pelatihan menulis berita yang diikuti oleh santri pilihan.


"Rencana kegiatan tadarus jurnalistik digagas sudah lama sekitar dua bulan yang lalu, ketika Pengasuh Pesantran Al-Inaroh KH Muhammad Luthfi yang juga Wakil Katib Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng ketemu saya di Semarang," ujarnya Jumat (15/4).


Menurutnya, tadarus jurnalistik bersama santri merupakan kesempatan emas bagi NU Online Jateng untuk memperkenalkan jurnalistik ala nahdliyin. "Ke depan juga sedang kita rancang untuk masuk ke dunia kampus NU yang tersebar di berbagai tempat di Jawa Tengah," ucapnya. 


Pengasuh Pesantren Al-Inaroh Batang KH Muhammad luthfi menjelaskan, anak-anak santri yang diasuhnya perlu diperkenalkan dunia jurnalistik. Pasalnya, dengan kemajuan teknologi berakibat pada penyebaran informasi yang sulit dibedakan mana informasi yang benar mana yang hoaks.


"Anak-anak santri harus kita perkenalkan dunia jurnalistik selain untuk belajar menyampaikan informasi yang benar juga untuk bekal kelak setelah pulang dari pesantren," terangnya.


Dikatakan, ada sekitar 100 santri yang akan menjadi peserta untuk mengikuti bimbingan menulis yang dipandu pengelola NU Online Jateng. "Semoga bisa menghasilkan kader-kader jurnalis yang hebat untuk Islam yang rahmatan lil alamin," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony


Regional Terbaru