• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 4 Februari 2023

Dinamika

Semarak Harlah Ke-88, Ansor Wonosalam Demak Gelar Pelatihan Jurnalistik

Semarak Harlah Ke-88, Ansor Wonosalam Demak Gelar Pelatihan Jurnalistik
Divisi Desain NU Online Jateng Choirul Huda (kiri) (Foto: Dok)
Divisi Desain NU Online Jateng Choirul Huda (kiri) (Foto: Dok)

Demak, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Wonosalam, Kabupaten Demak
menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis bertempat di Perpustakaan  Cempaka Desa Kerangkakulon, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak pada Ahad (13/3). 


Divisi Desain NU Online Jateng Choirul Huda yang menjadi pemateri pelatihan mengatakan, kemajuan dunia maya menjadi tantangan kader Pemuda Ansor untuk bisa menampilkan konten-konten yang ramah untuk bisa dinikmati oleh para pemerhati dunia maya.


"Soal konten-konten kreatif di dunia maya harus diakui kita masih kalah jauh dengan kelompok sebelah yang melakukan secara masif dan terstruktur," ujarnya.


Oleh karena itu lanjutnya, sebagai kader muda NU, Ansor harus mewarnai dunia maya dengan tulisan-tulisan, kutipan-kutipan, dan taushiyah singkat dalam bentuk meme dengan tampilan lebih menarik, sehingga pembaca tidak bosan.


Disampaikan, untuk menampilkan gambar dan kutipan yang menarik tidak harus memunculkan tokoh yang sudah terkenal. Para kiai dan tokoh ulama kampung sangat layak untuk dikutip pernyataannya baik pada saat ngaji rutinan maupun pada momen-momen tertentu. Sehingga dunia maya bisa kita warnai dengan tulisan-tulisan yang menyejukkan.


"Kita harus rebut dunia maya dengan gambar-gambar yang menarik dengan pesan yang rahmatan lil alamin," tegasnya.


Ditambahkan, dalam organisasi tidak sekadar hanya butuh dengan orang pintar namun harus kober. Orang pinter namun tidak bisa meluangkan waktunya (kober) apalah gunanya. Namun dengan kober, walaupun kemampuan yang terbatas, akan selalu belajar dan belajar.


"Bagi saya, membuat desain seperti halnya main game, jadi selalu gembira. Bahkan ada kepuasan di setiap warna, garis, obyek, dan apapun di dalamnya," ucapnya.





Kabid Media Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Demak Moh Iskandar menyampaikan, saat ini media sosial banyak diwarnai oleh informasi-informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dirinya memberikan stimulus-stimulus sekaligus memberikan kiat dalam bermedia sosial.


"Tentu di dalam Tim Media dibutuhkan kreator-kreator yang andal serta materi-materi yang memuat unsur religius dan nasionalis, mendesain isi dalam kitab-kitab Aswaja menjadi bagian gambar atau video yang menarik untuk dibaca atau disimak," terangnya. 


Dirinya berharap, dari pelatihan ini para peserta bisa memperkuat tim cyber media di Ansor yang selama ini sudah berjalan. Ke depan di setiap PAC dan Ranting Ansor harus juga memiliki tim cyber untuk memperkuat konten-konten yang ramah.


Selain Choirul Huda, panitia juga menghadirkan narasumber dari Ansor Mranggen, Demak Nur Huda untuk memnyampaikan materi menulis berita sesuai kaidah jurnalistik.


Hadir dalam acara pembukaan Wakil Ketua MWCNU Wonosalam Kiai Abdul Wahid, Kepala Desa Kerangkakulon dan jajaran pengurus PAC GP Ansor Wonosalam, dan tamu undangan lainnya.


Pengirim: Eko
Editor: Samsul Huda


Dinamika Terbaru