• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Dinamika

Pesantren El-Husna Batang Gelar Haflah Akhirussanah

Pesantren El-Husna Batang Gelar Haflah Akhirussanah
Para santri Pesantren El Husna Batang yang diwisuda (Dok. Pesantren El Husna)
Para santri Pesantren El Husna Batang yang diwisuda (Dok. Pesantren El Husna)

Batang, NU Online Jateng
Pesantren El-Husna Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang mengadakan kegiatan Haflah Akhirussanah, belum lama ini (26/3) bertempat di halaman Pesantren El-Husna. Kegiatan yang mengangkat tema ‘Ikhtiar Mencetak Generasi Bangsa yang Berprestasi, Beriman dan Berakhlak Mulia’ ini diikuti oleh 26 wisudawan.

Dalam rilis yang diterima NU Online Jateng, Selasa (5/4), Pengasuh Pesantren El-Husna, Kiai Muhammad Rifa’i mengatakan bahwa ke 26 santri yang diwisuda terdiri dari 14 anak tahfidz juz 30 Al-Qur’an dan 12 anak lulus tingkat wustha.

“Semoga para santri yang diwisuda menjadi generasi yang saleh salehah. Selain itu, wali santri makin mantap menitipkan putra putrinya di pesantren, para mutakhirijin pasca-wisuda dapat mengamalkan ilmu yang didapat di pesantren, menjadi motor penggerak olah batin, pikir, maupun amal saleh,” ucapnya.

Ia berharap agar masyarakat semakin peduli pada pendidikan anak, khususnya pendidikan agama dengan memasukkan anaknya ke pesantren, dengan harapan agar menjadi generasi bangsa yang militan dalam pengetahuan, khususnya dalam pendidikan agama.

Ketua Panitia Haflah Akhirussanah, Sarjito menyampaikan bahwa Haflah Akhirussanah ini adalah sebagai upaya untuk menciptakan santri yang berkualitas dan bertakwa dengan cara menunjukkan keterampilan anak didiknya dalam berbagai bentuk kegiatan.

Kegiatan tersebut antara lain pembacaan kitab kuning, dan hafalan nadham sesuai dengan tingkatan kelasnya masing-masing, hal ini dilakukan agar orang tua yang belum memondokkan putra-putri nya untuk bisa memondokkan di pesantren.

“Acara juga kami kemas dengan penampilan dari santriwan santriwati, melafalkan nadhom imriti 254 bait santri wustha, kemudian santriwan santriwati yang kelas 1-2 menghafal Juz Amma,” ujarnya.

Turut menghadiri acara tersebut pengurus Forum Komunikasi Diniyah Taklimiyah (FKDT) Kecamatan Kandeman, tokoh agama, tokoh masyarakat dan wali santri.

Pengirim: Mursyadatul Ulfiyah, Khairul Anwar


Dinamika Terbaru