• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Regional

RAMADHAN 1445 H

Kanzul Ilmi Bumiayu Brebes Gelar Dakwah dan Berbagi di Bulan Ramadhan

Kanzul Ilmi Bumiayu Brebes Gelar Dakwah dan Berbagi di Bulan Ramadhan
Kegiatan rutin pengajian di Kanzul Ilmi Bumiayu, Kabupaten Brebes (Foto: NU Online Jateng/Wasdiun)
Kegiatan rutin pengajian di Kanzul Ilmi Bumiayu, Kabupaten Brebes (Foto: NU Online Jateng/Wasdiun)

Brebes, NU Online Jateng
Pusat dakwah aswaja kanzul ilmi center Bumiayu atau Pusda KIC di bawah asuhan KH Ahmad Najib Afandi atau Gus Najib dari Al-Hikmah 2 Benda adalah pusat pengajian masyarakat  terbesar di Brebes Selatan sejak tahun 2018.


Sejak berdirinya Gus Najib bersama KIC sebagai sayap dakwahnya komitmen dengan pengajian kitab kuning terutama fiqih Syafi'i, tafsir, dan lainnya agar bisa menjadi benteng paham keagamaan masyarakat di Brebes Selatan. 


Pengasuh KIC Gus najib mengatakan, khusus bulan Ramadhan 1445 Hijriah dirinya membaca kitab Tanbihul Ghafilin setiap Ahad dan Kamis pagi. Kegiatan diawali dengan shalat duha dan hajat atau tasbih berjamaah dilanjutkan dengan tadarus Al-Qur'an berjamaah.  


"Model pengajian seperti ini jarang ditemukan di masyarakat Brebes selatan, sehingga program ini mendapat respons positif dari masyarakat.  hal ini bisa dibuktikan dengan membanjirnya jamaah yang hadir setiap pengajian di gedung Kanzul Ilmi di Bumiayu," ujarnya Ahad (31/3/2024). 


Disampaikan, selama bulan ramadhan kanzul ilmi juga rutin membagikan takjil gratis setiap sore di depan gedung. "Program ini juga berhasil menyedot perhatian dan respons masyarakat dan pejalan yang lewat. Alhamdulillah setiap sorenya menu yang disediakan selalu habis. Takjil dihimpun dari para pengurus yang sedekah yang terjadwal hari dan tanggalnya, sehingga panitia tinggal membagikannya," terangnya. 


Program sosial KIC peduli lanjutnya, juga rutin dilaksankan setiap ramadhan adalah berbagi beras. Laporan ketua panitia  H Murtado bahwa tahun ini terkumpul sekitar empat ton beras atau sekitar 775 kantong beras.


"Termasuk di antaranya bantuan dari Baznas Brebes.Semua itu telah dibagikan serentak pada Ahad (31/3/2024) usai pengajian rurin Ahad pagi," pungkasnya.


Penulis: Wasdiun
 


Regional Terbaru