• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Brebes Bekali Santri Produksi Konten Positif 

Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Brebes Bekali Santri Produksi Konten Positif 
Pengasuh Pesantren Al-Hikmah 2 Benda, Sirampog, Brebes (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
Pengasuh Pesantren Al-Hikmah 2 Benda, Sirampog, Brebes (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Brebes, NU Online Jateng
Pesantren Al-Hikmah 2 Benda, Sirampog, Brebes menyiapkan kader Nahdlatul Ulama (NU) untuk menepis hoaks dan informasi yang belum teruji kebenarannya dan bertebaran di media sosial yang  menyesatkan masyarakat.


Pengasuh Pesantren Al-Hikmah 2 Benda KH Sholahudin Masruri mengatakan, kondisi ini sangat memprihatinkan dan tidak boleh dibiarkan berlarut-larut, karena hoaks dan informasi tidak benar menyesatkan masyarakat.


"Karena itulah, Pesantren Al-Hikmah 2 berupaya menghadirkan para santri dan kader NU agar memiliki kemampuan mengisi ruang-ruang media maya sehingga jagad medsos tidak dipenuhi informasi yang menyesatkan," kata gus Sholah.


Gus Sholah yang juga Wakil Rais Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng mengatakan hal itu di sela menyiapkan acara haul ke-11 almarhum almaghfurlah KH Masruri Mughni di komplek Pesantren Al-Hikmah 2, Jumat (29/7).


Dikatakan, Pesantren Al-Hikmah 2 bersama dengan NU Online Jateng, Suara Merdeka, Rumah Sakil Islam (RSI) Sultan Agung Semarang, dan SKK Migas bergandengan tangan membekali ketrampilan kepada santri agar mampu membuat konten bernarasi positif di jagad maya.


"Kolaborasi bersama berbagai pihak ini diwujudkan dalam kegiatan workshop 'Menulis di Media' yang diikuti 150 peserta terdiri dari para santri senior, guru lembaga pendidikan di lingkungan Al-Hikmah 2, dan utusan PCNU Brebes," terangnya. 





Dia berharap, paska workshop potensi menulis para peserta akan tumbuh dan semakin berkembang. Karyanya semakin berkualitas sehingga layak untuk dipublis di media umum, media internal, maupun medsos.


"Dari sekian banyak peserta diharapkan ada yang berhasil menjadi penulis atau produsen konten media yang berkualitas dan menyejukkan jagad media massa maupun media sosial," ungkapnya.


Peserta workshop mendapatkan input tentang kepenulisan dari para wartawan senior yakni Samsul Huda NU Online Jateng, H Agus Fathuddiin Yusuf Harian Suara Merdeka, dan Agustono Widyatmoko Suara Merdeka.com.


Peserta workshop Lili Hidayati menjelaskan, potensi santri Al-Hikmah 2 dan nahdliyin dalam dunia kepenulisan sangat besar namun belum tersalurkan dengan tepat.


"Kami berharap agar para narasumber yang mengelola media bersedia membimbing dan mengarahkan kami agar mampu berpartisipasi mempublikasikan karya tulis para santri," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Regional Terbaru