• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 14 Agustus 2022

Regional

Kader Ansor Jateng Wajib Sukseskan Pemilu 2024

Kader Ansor Jateng Wajib Sukseskan Pemilu 2024
Ansor Jateng gelar sekolah demikrasi di Jepara (Foto: NU Online Jateng/Yusrul Wafa)
Ansor Jateng gelar sekolah demikrasi di Jepara (Foto: NU Online Jateng/Yusrul Wafa)

Jepara, NU Online Jateng
Kader Ansor di manapun eksistensi dan posisinya diwajibkan mensukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 atau pesta demokrasi lima tahunan keenam di era reformasi atau paska runtuhnya rezim Orde Baru.


Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah H Sholahudin Aly mengatakan,  kader Ansor harus berkontribusi dalam pemilu 2024 yang akan datang sesuai dengan posisi dan fungsinya agar proses demokratisasi berlangsung dengan baik.


"Jadi apapun kader Ansor harus berkiprah untuk mensukseskan pemilu 2024. Saat ini kader Ansor tersebar di mana-mana, ada yang berposisi menjadi bagian penyelenggara pemilu, ada yang menjadi bagian dari peserta pemilu, dan sebagainya," ujar Sholahudin.


Sholahudin mengatakan hal itu di sela pembukaan kegiatan 'Sekolah Demokrasi' yang diselenggarakan Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Jepara, Sabtu (30/7).


Disampaikan, kontribusi kader Ansor melalui berbagai kiprahnya jangan berhenti untuk kebesaran organisasi saja, tetapi harus melebar lebih luas lagi yakni untuk agama, masyarakat, bangsa, negara dan penguatan ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan  politik nasional.


"Sekolah demokrasi yang diselenggarakan Ansor cabang Jepara ini merupakan bagian dari upaya-upaya itu, terfokus pada penguatan hak-hak rakyat dalam berpolitik dan berdemokrasi," terangnya.


Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jepara KH Hisyam Zamroni mengharapkan agar gelaran pemilu 2024 nanti bisa terlaksana dengan baik dan jauh dari konflik yang berpotensi menjadi pembelajaran masyarakat. 


"Semoga Pemilu 2024 nanti Ansor mampu berpartisipasi dalam upaya menciptakan suasana yang kondusif dan damai," ucapnya.


Ketua PC GP Ansor Kabupaten Jepara Ainul Mahfud kepada NU Online Jateng, Kamis (4/8/2022) menjelaskan, menghadapi tahun politik 2024 Pimpinan Cabang (PC) GP Jepara menggelar kegiatan pendidikan politik.
 

"Kader Ansor di Jepara  harus siap untuk mensukseskan pemilu 2024, baik sebagai pemilih, penyelenggara pemilu, atau peserta pemilu. Sekolah demokrasi ini sebagai upaya menyiapkan kader Ansor untuk menghadapi tahun politik 2024," katanya


Menurutnya,  GP Ansor memiliki tanggung jawab besar untuk mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini. Oleh karena itu, kader-kader Ansor di Jepara berupaya menyiapkan diri dengan baik, sehingga nantinya seluruh agenda pemilu bisa terlaksana dengan baik, damai dan sukses.


Apapun pilihan dalam pemilu nanti ujarnya, baik jadi pemilih, penyelenggara pemilu, pengawas pemilu, atau peserta pemilu, kader Ansor bisa menjadi motor penggerak partisipasi pemilu di wilayahnya masing-masing.


"Kami berharap nantinya kader Ansor bisa menjadi contoh dan motor penggerak partisipasi pemilih dan menciptakan suasana pemilu yang kondusif dan damai," pungkasnya.

 
Kontributor: Yusrul Wafa


Regional Terbaru