• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Regional

Haul Massal Diniatkan untuk Cari Ridha Allah

Haul Massal Diniatkan untuk Cari Ridha Allah
Kegiatan haul massal MWCNU Karanggede, Boyolali (Foto: NU Online Jateng/Bani)
Kegiatan haul massal MWCNU Karanggede, Boyolali (Foto: NU Online Jateng/Bani)

Boyolali, NU Online Jateng
Dai asal Purworejo KH Muhammad Muhtadil Ilmi (Gus Imiek) mengatakan, yang utama dari acara haul massal adalah mencari ridha Allah dan diniatkan mencari barakah dari masyayikh. 


"Acara haul seperti ini menjadi sarana kita untuk menyambungkan lahir dan batin kepada guru kita," katanya di acara Haul Massal ke-34 yang dihelat Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Karanggede, Kabupaten Boyolali, Ahad (18/2/2024).


Disampaikan, ada musibah yang akan turun kepada masyarakat yang berpaling atau menjauhi ulama. "Allah akan mencabut keberkahan dalam rezekinya, baik dalam bentuk kesempitan atau bentuk kelimpahan yang tidak berkah dan menjadikan dirinya jauh dari Allah," ungkapnya. 


Gus Imiek menambahkan, musibah yang akan turun adalah Allah memberikan pemimpin yang zalim, sehingga dengan kezalimannya masyarakat akan dipersulit kehidupannya termasuk dalam menjalankan ketaatan kepada Allah.


Untuk menghadapi itu semua, Gus Imiek mengajak berdoa sebagaimana doa ijazah dari simbahnya yang tersambung sampai Simbah Dalhar Watu Congol Magelang. “Allahumma ubat-ubet, biso nyandang biso ngliwet. Allahumma ubat-ubet, mugo-mugo pinaringan slamet. Allahumma kitra-kitri, sugih bebek sugih meri. Allahumma kitra-kitri, sugih sapi sugih pari.”
 


Camat Karanggede Utatik mengucapkan terima kasih dan selamat atas terlaksananya haul massal MWCNU Karanggede di bulan Sya'ban ini. Semoga semua arwah yang sudah didoakan diampuni dosanya, diterima amalnya, dan dimasukan surganya Allah. 


"Kami meminta maaf apabila dalam pemerintahan banyak kekurangan dan kesalahan. Saya berharap, acara haul massal seperti ini bisa dilaksanakan setiap tahun," ujarnya.


Haul Massal dibuka dzikir tahlil mendoakan masyayikh NU, arwah warga Karanggede, serta kaum muslimin semua. Dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta Mars Subhanul Wathan sebagai simbol cinta tanah air.


Pengirim: Bani, Siswanto


Regional Terbaru