• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Kamis, 23 Mei 2024

Nasional

Mudir Aam Jatman: Silaturahim Hindarkan Kesalahpahaman 

Mudir Aam Jatman: Silaturahim Hindarkan Kesalahpahaman 
Habib Umar Muthohar di acara halal bihalal Mapolda Jateng (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
Habib Umar Muthohar di acara halal bihalal Mapolda Jateng (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Semarang, NU Online Jateng 
Silaturahim merupakan amalan baik yang kalau dijalankan akan mendatangkan banyak manfaat, di antaranya memanjangkan umur dan menghindarkan terjadinya kesalah fahaman. 


Mudir Aam Idarah Aliyah Jamiyah Ahlit Thariqah al-Mu'tabaroh an-Nahdliyah (Jatman) KH Habib Umar Muthohar mengatakan, selain itu juga mempermudah dalam usaha mendapatkan rezeki dan masih banyak manfaat lainnya.


"Oleh karena itu tepat sekali kalau saat ini Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Lutfi menggelar acara silaturahim dengan tokoh-tokoh umat Islam di Jawa Tengah," kata Habib Umar.


Habib Umar mengatakan hal itu saat menyampaikan taushiyah dalam kegiatan Silaturahim Kamtibmas Kapolda Jateng Irjen Pol Drs Ahmad Luthfi dengan  Pengurus Majlis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Masjid Indonesia (DMI), dan Badan Komunikasi (Badko) Lembaga Pendidikan Al-Qur'an (LPQ) se-Jawa Tengah di lapangan Mapolda Jateng, Jl Pahlawan Semarang, Rabu (8/5/2024).


Menurutnya, silaturahim seperti saat ini juga dapat menghindari sekat-sekat yang berpotensi memunculkan kesalahpahaman antara polisi dan para tokoh Islam di berbagai tingkatan yang setiap hari bergaul dan berkomunikasi di tengah-tengah masyarakat.
 

Kaploda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi (Foto: Samsul Huda)


Melalui silaturahmi lanjutnya, semua masalah bisa dikomunikasikan dan dicarikan jalan keluar bersama-sama. Peran dan jasa besar polisi yang baru saja dirasakan umat Islam adalah saat berlangsungnya lebaran.


Dia menambahkan, saat lebaran  agenda utama umat Islam adalah silaturahim selama berhari-hari, mobilitas warga berjalan massif dan tentu butuh kenyamanan. 


"Alhamdulillah silaturahim lebaran di berbagai pelosok di wilayah Jateng berjalan lancar, nyaman, dan aman, selain masyarakatnya patuh juga didukung oleh polisi yang selama berhari-hari menjalankan pengalaman lebaran di lapangan," ucapnya kepada NU Online Jateng, Jumat (10/5/2024).


Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi mengucapkan terima kasih kepada seluruh tokoh umat Islam di Jateng yang setiap hari memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga suasana kondusif dapat tercipta.


"Demikian juga polisi, setiap hari juga membersamai masyarakat, kita bersama-sama melayani masyarakat, karena itu mari kita pererat silaturahmi agar tidak ada kesalahpahaman diantara sesama pengabdi dan pelayan masyarakat," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Nasional Terbaru