• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Kamis, 23 Mei 2024

Nasional

Ribuan Umat Islam Hadiri Halal Bihalal Habib Luthfi bin Yahya

Ribuan Umat Islam Hadiri Halal Bihalal Habib Luthfi bin Yahya
Habib Luthfi bin Yahya gelar halal bihalal dengan ribuan santrinya di Kanzus Shalawat Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)
Habib Luthfi bin Yahya gelar halal bihalal dengan ribuan santrinya di Kanzus Shalawat Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)

Pekalongan, NU Online Jateng
Ribuan umat Islam dari berbagai daerah menghadiri acara halal bihalal yang digelar Rais Aam Idarah Aliyah Jamiyah Ahlit Thariqah al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (Jatman) Habib Muhammad Luthfi bin Yahya di Kanzus Sholawat Pekalongan, Kamis (11/4/2024).


Sejak pagi umat Islam sudah memadati gedung yang terletak di Jalan dr Wahidin 70 Kota Pekalongan bahkan meluber sampai jalan depan gedung dan rela berpanas panasan untuk bisa mengikuti acar hingga bisa bersalaman dengan Habib Luthfi yang juga Ketua Ulama Sufi Dunia itu.


Santri Habib Luthfi yang juga Pengasuh Pesantren 'Ayo Ngaji' Karangdadap, Kabupaten Pekalongan KH Kholid Ma'rufi mengatakan, kegiatan halal bihalal rutin diselenggarakan di Kanzus Sholawat setiap tanggal 2 Syawal.


"Alhamdulillah, cuaca sangat cerah menambah khidmahnya para santri untuk mengadakan halal bihalal yang sudah ditunggu-tunggu sejak pagi," ujarnya saat memberikan sambutan mewakili jamaah Kanzus Sholawat.


Dirinya meminta maaf jika selama setahun terakhir ini Kanzus Sholawat banyak menggelar acara selalu merepotkan banyak pihak, terutama para tamu yang hadir karena harus berdesak-desakan yang diakibatkan oleh sempitnya lokasi.
 


"Tentu, kegiatan seperti maulid akbar, kliwonan, dan halal bihalal menyedot perhatian para pengunjung dari berbagai daerah untuk bisa hadir dan menyimak 'dawuh-dawuh' Habib Luthfi dengan fasilitas seadanya. Namun dengan semangat khidmah kepada guru, para tamu tetap bisa menikmatinya," ucapnya.


Salah satu pengunjung asal Wonopringgo Huda mengaku rutin setiap tahun hadiri acara halal bihalal di Kanzus Sholawat di hari kedua lebaran. Baginya bisa hadir dan bersalaman dengan Habib Luthfi merupakan kepuasan tersendiri.


"Ini luar biasa yang hadir, alhamdulillah tahun ini bisa kembali hadir di majelis halal bihalal Kanzus Sholawat yang telah diikuti sejak 5 tahun yang lalu," terang Huda yang juga salah satu mahasiswa Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang itu.


Dirinya tidak pernah melewatkan momen halal bihalal bersama Habib Luthfi. Baginya inilah kesempatan bisa bertemu dan bersalaman dengan tokoh dunia. "Semoga tahun depan bisa hadir kembali di Kanzus Sholawat," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony
 


Nasional Terbaru