• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Keislaman

Sedekah, Amalan yang Dianjurkan Rasulullah

Sedekah, Amalan yang Dianjurkan Rasulullah
Ustadz Pesantren Darul Falah Besongo, Kota Semarang Karis Lusdianto (Foto: NU Online Jateng/Raif)
Ustadz Pesantren Darul Falah Besongo, Kota Semarang Karis Lusdianto (Foto: NU Online Jateng/Raif)

Semarang, NU Online Jateng
Ustadz Pesantren Darul Falah Besongo, Kota Semarang Karis Lusdianto mengatakan, Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang mulia, karena di bulan ini amal perbuatan manusia dilipat gandakan Allah SWT. Hal ini tertuang dalam hadist nabi yang berbunyi:


نَوْمُ الصَّائِمِ عِبَادَةٌ ، وَصُمْتُهُ تَسْبِيْحٌ ، وَدُعَاؤُهُ مُسْتَجَابٌ ، وَعَمَلُهُ مُضَاعَفٌ


Artinya: "Tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, diamnya adalah tasbih, doanya dikabulkan, dan amalannya pun akan dilipatgandakan pahalanya."


Disampaikan, terdapat banyak amalan-amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan, salah satunya adalah dengan cara bersedekah. Sedekah merupakan amalan sunah yang dicontohkan Nabi Muhammad saw. Amalan ini begitu dianjurkan, apalagi di bulan Ramadhan.


"Selain itu, orang yang bersedekah juga akan diberi pahala yang dilipatgandakan dan derajatnya ditinggikan oleh Allah Swt," ujarnya dalam kultum shalat tarawih yang bertempat di Masjid Roudlotul Jannah, Pesantren Darul Falah Besongo, Kota Semarang, Rabu (29/3/2023).


Dikisahkan, dahulu ada seekor burung yang sedang bertelur yang tidak ridha karena anaknya selalu diambil oleh seorang laki-laki. Setelah itu, burung tersebut protes kepada Allah. “Dan Allah SWT akan membinasakan seorang laki-laki tersebut jika ia kembali mengambil telur burung itu lagi,” ucapnya.


Ketika telah berlalu beberapa waktu lanjutnya, sang burung tersebut kembali memiliki anak. Dan ternyata laki-laki tersebut datang kembali untuk mengambil telur dari seekor burung tersebut. Namun, tiba-tiba datang seorang pengemis meminta makanan kepada laki-laki tadi. Kemudian, laki-laki tersebut memberikan semua makanan yang dimilikinya kepada pengemis tersebut. 


“Lalu, laki-laki ini ternyata kembali untuk mengambil telur dari burung tersebut,” ujarnya.


Sang burung tersebut tentunya kembali protes kepada Allah SWT. Dan Allah SWT menjawab tidak akan menghukum kepada si laki-laki tersebut, karena orang tersebut telah melakukan amalam yang mulia yaitu, bersedekah kepada pengemis.


“Dari cerita di atas membuktikan bahwa sedekah memiliki banyak hikmah. Dan orang yang mau bersedekah tidak akan dicabut nyawanya dalam keadaan su’ul khatimah,” pungkasnya. 


Pengirim: Raif Al-Abrar


Keislaman Terbaru