• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 4 Februari 2023

Dinamika

HARI SANTRI 2022

Peringati Hari Santri 2022, MWCNU Kemiri dan Pituruh Purworejo Gelar Berbagai Kegiatan

Peringati Hari Santri 2022, MWCNU Kemiri dan Pituruh Purworejo Gelar Berbagai Kegiatan
Santri Kemiri, Purworejo ikuti apel Hari Santri 2022, Sabtu (22/10/2022) (Foto: Dok)
Santri Kemiri, Purworejo ikuti apel Hari Santri 2022, Sabtu (22/10/2022) (Foto: Dok)

Purworejo, NU Online Jateng 
Ribuan santri, kiai, dan ulama di dua kecamatan yaitu Kemiri dan Pituruh berbondong-bondong ikuti upacara Hari Santri 2022 di Alun-alun Kecamatan Kemiri dan halaman Kecamatan Pituruh, Sabtu (22/10/2022) kemarin. 


Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kemiri KH Mukhamad Arwani mengatakan, MWCNU Kemiri dalam memperingati Hari Santri 2022 menyelenggarakan kegiatan di antaranya upacara bendera, lomba santri dan dilanjutkan dengan kungkrus kencreng. 


"Agenda ini merupakan upaya untuk mengumpulkan para santri agar mengetahui apa peran santri bagi bangsa dan negara," bebernya. 


Ketua Panitia hari santri Kecamatan Pituruh Malik Khairul Anam kepada NU Online Jateng, Senin (24/10/2022) menjelaskan, momentum hari santri agar bisa menjadi referensi kita dalam mengingat perjuangan para pendahulu yang suka rela gugur di medan perjuangan dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia. 


“Kita sebagai penerus ulama, tugas kita sebagai santri saat ini untuk menjaga dan melestarikan apa yang sudah diperjuangkan oleh para ulama pendahulu kita,” ucapnya.
  

Anam menambahkan, untuk rangkaian hari santri dimulai dengan agenda upacara bersama, kemudian  malamnya diadakan istighosah dan peringatan maulid nabi Muhammad SAW 1444 hijriah.


"Peringatan Hari Santri 2022 ditutup nonton bareng perjuangan para pahlawan dan ulama dan santri di Gedung MWCNU Pituruh,” pungkasnya. 


Kontributor: Achmad Rohadi
 


Dinamika Terbaru