• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Dinamika

NU Karangawen Demak Adakan Ziarah Para Wali

NU Karangawen Demak Adakan Ziarah Para Wali
Rombongan MWCNU Karangawen, Demak saat berziarah ke makam Habib Ahmad Alatas Kota Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Shiddiq)
Rombongan MWCNU Karangawen, Demak saat berziarah ke makam Habib Ahmad Alatas Kota Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Shiddiq)

Demak, NU Online Jateng
Pengurus Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Karangawen, Kabupaten Demak melakukan berbagai cara dan kegiatan, salah satu di antaranya ialah dengan mengadakan ziarah bersama antara pengurus MWC, Badan otonom (Banom), dan Ranting se-Kecamatan Karangawen yang diselenggarakannya pada Rabu–Kamis (29-30/12). 


Ketua MWCNU Karangawen K Abdullah Zaini mengatakan, ziarah kepa makam para waliyullah sebagai salah satu cara  dalam mempertemukan semua pengurus di tingkat MWC yang dipimpinnya dengan banom dan ranting se-Kecamatan Karangawen dengan tujuan tali silaturahim antarsesama pengurus semakin erat.


“Ziarah ini merupakan salah satu media silaturahim sekaligus rasana konsolidasi dengan pengurus. Silaturahim di NU itu merupakan media komunikasi yang tepat," ujarnya.


Ziarah bersama menurut K Abdullah zaini selain sebagai ajang konsolidasi organisasi tak kalah pentingnya barakah yang diharap dari washilah para wali merupakan salah satu cara yang diyakini agar di dalam menjalankan amanat organisasi bisa berjalan dengan lancar dan membawa berkah bagi pengurus dan anggotanya.


“Sudah menjadi tradisi warga NU seperti kami ini berdoa dengan washilah para wali agar semuanya mendapat keberkahan baik organisasi maupun pribadi masing-masing,” tambahnya.


Sekretaris MWCNU Karangawen H Noor Alim meminta kepada seluruh peserta ziarah sebelum berangkat agar selama perjalanan mematuhi aturan yang sudah menjadi kesepakatan saat rapat cecking akhir di Kantor MWCNU Karangawen dan bersikap disiplin agar agenda yang dijadwalkan bisa berjalan sesuai dengan rencana.


“Kami mengharap kepada seluruh peserta ziarah ini untuk bisa tertib mematuhi jadwal yang sudah ditentukan dan mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya.


Dijelaskan, secara rinci peserta ziarah terdiri dari pengurus harian syuriyah dan tanfidziyah, pengurus ranting se-Kecamatan Karangawen, banom seperti Muslimat, Fatayat, Ansor-Banser, IPNU-IPPNU tingkat PAC dan AZISNU. Usai ziarah rombongan di ajak studi banding di NU Cilacap berkaitan kesuksesan gerakan KOIN NU oleh LAZISNU Cilacap.


“Usai ziarah kita nanti akan melanjutkan perjalanan ke Cilacap untuk belajar dari pengalaman dan kesuksesan LAZISNU Cilacap dalam gerakkan KOIN NUnya,” pungkasnya.


Rombongan yang dipimpin Ketua MWCNU Karangawen diberangkatkan dari halaman Masjid Baitul Makmur Karangawen menuju makam  para wali yang di ziarahi di antaranya Syekh Jumadil Kubro Terboyo Semarang, Habib Ahmad Alatas Pekalongan, Sekh Maulana Syamsudin Pemalang.


Kontributor  A Shiddiq Sugiarto
Editor: M Ngisom Al-Barony
 


Dinamika Terbaru