• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Dinamika

NU Batang Bina Kader Muda di Sektor Media

NU Batang Bina Kader Muda di Sektor Media
Pelatihan desain grafis kader muda NU Batang (Foto: NU Online Jateng/Septi)
Pelatihan desain grafis kader muda NU Batang (Foto: NU Online Jateng/Septi)

Batang, NU Online Jateng
Lembaga Ta’lif wan Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kabupaten Batang bersama-sama menggerakan pengkaderan di bidang media. Hal tersebut dibuktikan telah terselenggaranya Pelatihan Desain Grafis yang bertajuk 'Mengembangkan Skill Design Nahdliyin di Era Masyarakat 5.0'.


Kegiatan bertempat di SMK Al-Syairiyah Limpung, Kabupaten Batang diikuti 32 peserta dilaksanakan selama dua hari, pada Sabtu-Ahad (29-30/10/2022).


Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Batang H Ahmad Taufiq mengatakan, pelatihan desain grafis merupakan wadah kaderisasi supaya LTNNU Batang semakin berkembang dan bersinergi dengan seluruh Badan Otonom (Banom) NU.


"Yakni Lembaga Pers dan Penerbitan (LPP) Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), GP Ansor, Fatayat NU, dan Muslimat NU," ujarnya.


Disampaikan, peserta desain grafis harus antusias berproses. Dunia digital tidak mungkin bergerak sendiri tanpa orang yang mengoprasikan media tersebut. Pelatihan desain grafis ini wujud upaya mencari kader yang berkompeten mengoprasikan media NU Batang di masa yang akan datang.


“Masing-masing kader mempunyai potensi di media, termasuk bidang desain grafis. Tapi memang membutuhkan keyakinan dengan meluangkan waktu untuk belajar,” ucapnya.


Ketua LTNNU Batang Jabir Al-Faruqi kepada NU Online Jateng, Sabtu (5/11/2022) menjelaskan, pelatihan desain grafis tidak sesederhana melaksanakan pelatihan selama dua hari secara berturut-turut. Terdapat rencana tindak lanjut dengan pembinaan secara berkala sebagai pelopor di bidang media di daerahnya masing-masing. 


“Aktivis NU perlu membangun kesadaran bersama bahwa kualitas dapat meningkat apabila berproses dengan telaten, meskipun harus merintis dari awal,” ucap Jabir.


Jabir mengungkapkan, pelatihan ini sebelumnya pernah terlaksana pada dua tahun lalu tetapi dalam bentuk pelatihan jurnalistik. Memiliki tujuan serupa, yakni membekali kemampuan kader-kader NU di sektor media di era masyarakat 5.0.


“Kalau ingin jadi desainer harus siap berproses tidak instan,” pungkasnya.


Pada pelatihan tersebut mendatangkan dua narasumber yang berkompeten di bidang desain grafis, yakni Sofyan Ari Setiawan founder Sinau Desain Community dan Wijayanto, Multimedia Content Stategist dan Blogger Since 2009 sekaligus pengurus Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Jawa Tengah. 


Kontributor : Septy Aisah 


Dinamika Terbaru