• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Rabu, 21 Februari 2024

Dinamika

Muslimat NU Wonopringgo Pekalongan Bekali Anggotanya tentang Keorganisasian

Muslimat NU Wonopringgo Pekalongan Bekali Anggotanya tentang Keorganisasian
Kegiatan Muslimat NU Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Min Fadillah)
Kegiatan Muslimat NU Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Min Fadillah)

Pekalongan, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan menggelar kegiatan 'Pelatihan Keorganisasian dan Pemantapan Aswaja' di Gedung PAC Muslimat NU Wonopringgo, Kamis (29/12/2022).


Kegiatan bersama Ketua Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Pekalongan Hj Sumarwati dan KH Sabilal Rosyad diikuti 99 peserta delegasi Pimpinan Ranting (PR) Muslimat NU se-Kecamatan Wonopringgo. 


Wakil Sekretaris Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Wonopringgo Akhmad Zuhri dalam sambutannya mengatakan, NU adalah salah satu pengusung identitas aswaja yang paling kuat.


“Sebagai organisasi aswaja yang paling kuat, tentu NU mempunyai tantangan tersendiri dalam usahanya menjaga keberlangsungan paham aswaja tersebut. Oleh sebab itu, peran kaum ibu-ibu Muslimat NU ini penting sekali dalam kaitannya menjawab tantangan tersebut,” ujarnya.


Menurutnya, peran kaum ibu-ibu Muslimat NU dalam menajaga paham aswaja harus dimonitoring dan dimaksimalkan sebaik mungkin.


“Kita tahu bahwa seorang ibu dalam suatu keluarga memegang banyak peranan penting. Salah satunya adalah sebagai 'Menteri Pendidikan' bagi anak-anaknya," ucapnya.





Disampaikan, seorang ibu bertugas mendidik dan mengajari tentang keyakinan beragama. Jadi, peran kaum ibu-ibu Muslimat NU tidak bisa diremehkan dalam kaitannya menanamkan nilai-nilai agama bagi generasi NU yang akan datang.


"Saya berharap agar Muslimat NU benar-benar mampu mengoptimalkan perannya tersebut. Semoga Muslimat NU mampu berperan lebih maksimal dalam menyebarkan ajaran-ajaran yang sejalan dengan paham ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah, baik di lingkungan keluarga, organisasi maupun di kalangan masyarakat sekitarnya,” ungkapnya.


Kepada NU Online Jateng, Rabu (4/1/2023) Ketua PAC Muslimat NU Wonopringgo Nyai Hj Emi Munawaroh membenanrkan apa yang disampaikan Wakil Sekretaris MWCNU Wonopringgo Akhmad Zuhri terkait vitalnya peran seorang ibu di dalam pendidikan keluarganya.


“Sosok ibu merupakan guru utama dan pertama bagi anak-anaknya dalam hal mendidik dan mengajari tentang keyakinan beragama, berperilaku baik dan berwawasan baik. Termasuk di antaranya mengajarkan amalan-amalan yang sesuai dengan paham aswaja kepada anak dan keluarga," pungkasnya.


Pengirim: Min Fadlillah, Muhammad Khoirul Umam


Dinamika Terbaru