• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

Muslimat NU: Papanisasi Wujud Keberadaan Organisasi

Muslimat NU: Papanisasi Wujud Keberadaan Organisasi
kantor sekretariat PAC Muslimat NU Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Min Fadhilah)
kantor sekretariat PAC Muslimat NU Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/Min Fadhilah)

Pekalongan, NU Online Jateng
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Wonopringgo, Kabupaten Pekalongan merealisasikan program pemasangan papan nama organisasi di 33 lokasi yang ada di Kecamatan Wonopringgo, Ahad (27/11/2022).


Ketua PAC Muslimat NU Wonopringgo Nyai Hj Emi Munawaroh mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya program papanisasi ini adalah sebagai identitas bahwa di lokasi itu ada organisasi Muslimat NU, sekaligus sebagai idenitas keberadaan Muslimat.


“Kita ingin menegaskan kembali bahwa Muslimat NU di Kecamatan Wonopringgo ini ada dan aktif melaksanakan kegiatan-kegiatan di tengah masyarakat Wonopringgo. Tidak hanya sekadar ada secara nama dan SK-nya saja. Namun benar-benar telah aktif berjalan mendampingi dan membersamai masyarakat NU Wonopringgo terutama di kalangan ibu-ibu dan anak-anak,” ujarnya.


Disampaikan, papanisasi Muslimat NU merupakan tindak lanjut dari Program Kerja (Proker) Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kabupaten Pekalongan yang harus segera ditindaklanjuti. Pasalnya, papanisasi hal yang utama untuk keberadaan organisasi.


“Ini merupakan realisasi dari program PC Muslimat NU Kabupaten Pekalongan yang tanggung jawab pelaksananya diserahkan pada masing-masing PAC. Program ini juga bertujuan untuk memberikan informasi lokasi sekretariat Muslimat NU baik yang ada ditingkatan Ranting maupun PAC," terangnya. 


Menurutnya, papanisasi dapat memudahkan anggota dan masyarakat NU ketika hendak melaksanakan kegiatan ataupun koordinasi organisasi. Program papanisasi menjangkau semua ranting yang ada di Kecamatan Wonopringgo. 


“Pelaksanaannya sudah dimulai sejak Sabtu (12/11/2022) lalu. Kemudian dilanjutkan kembali Sabtu dan Ahad kemarin tepatnya pada (26-27/11/2022). Setiap harinya ada 11 lokasi yg diselesaikan dengan pengerjaan secara gotong royong hingga akhirnya selesai pada hari Ahad kemarin,” ucapnya.



Kegiatan pemasangan papan nama organisasi Muslimat NU di Ranting Pegaden (Foto: Min Fadhilah)


Kepada NU Online Jateng, Selasa (29/11/2022) Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Wonopringgo Muhidin Abdullah menjelaskan pentingnya program papanisasi seperti yang dilakkukan Muslimat NU.


“Alhamdulillah PAC Muslimat NU Wonopringgo sudah melakukan papanisasi ditingkatan anak cabang maupun tingkatan ranting," ucapnya. 


Menurutnya, program papanisasi muslimat patut kita apresiasi dan kita lanjutkan bersama-sama mengingat program kerja pengurus MWCNU Wonopringgo juga salah satunya adalah papanisasi, baik untuk NU itu sendiri maupun semua Badan Otonom (Banom) di setiap tingkatan yang ada di wilayah Wonopringgo.
 

Dirinya mengatakan, tak hanya sebagai identitas dan eksistensi organisasi, akan tetapi papanisasi juga dapat menjadi semacam peringatan untuk menolak secara halus masuknya ajaran-ajaran lain yang tidak sejalan dengan NU.


“Selain dapat memberikan efek positif bagi perkembangan NU dalam rangka lebih mensosialisasikan dan meneguhkan jati diri NU di tengah masyarakat terkait faham ahlussunnah waljamaah an-nahdliyyah," ungkapnya.


Selain itu lanjutnya, papan-papan tersebut juga bisa jadi suatu simbol peringatan bagi mereka orang-orang pendatang yang ingin mengusik Wonopringgo dengan menyusupkan ajaran-ajaran yang tidak sejalan dengan NU.


"Maka papan-papan ini adalah identitas sekaligus benteng yang harus kita jaga bersama,” pungkasnya.


Pengirim: Min Fadjilah, Muhammad Khoirul Umam


Regional Terbaru