• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Kamis, 23 Mei 2024

Dinamika

RAMADHAN 1445 H

Berbaur dengan Warga, Pelajar NU Sidorejo Batang Gelar Tadarus Al-Qur’an Keliling Dusun 

Berbaur dengan Warga, Pelajar NU Sidorejo Batang Gelar Tadarus Al-Qur’an Keliling Dusun 
Kegiatan tadarus keliling IPNU-IPPNU Sidorejo, Warungasem, Batang (Foto: NU Online Jateng/Shella)
Kegiatan tadarus keliling IPNU-IPPNU Sidorejo, Warungasem, Batang (Foto: NU Online Jateng/Shella)

Batang, NU Online Jateng 
Di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdladul Ulama (IPPNU) Desa Sidorejo, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang kembali mengadakan Tadarus Al-Qur’an keliling dusun berbaur dengan warga.


Kegiatan tersebut dilakukan setiap pekan yang dipusatkan pada 3 masjid yakni Masjid Al-Muhlisin di Dukuh Krandon, Masjid Al-Muttaqien di Dukuh Jemawu, dan Masjid At-Taqwa di Dusun Cluluk, Desa Sidorejo.


Rais Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Sidorejo Kiai Hasanuddin menatakan, berkumpulnya anak-anak muda disertai ibadah puasa dan akhlak yang baik merupakan kegiatan positif dan bisa membentengi kemajuan perubahan zaman yang kurang baik.


"Jangan sampai anak-anak muda terpengaruh dengan perubahan zaman, akan tetapi harus menguasai zaman,” ujarnya di hadapan anggota IPNU-IPPNU pada kegiatan tadarus keliling di Masjid At-Taqwa Dusun Cluluk, Selasa (2/4/2024).


Ditegaskan bahwa IPNU-IPPNU akan memegang masa depan yang sangat diharapkan agama, bangsa, dan negara. Jadi, terus bersemangat mengadakan hal yang positif. “Kalian juga, harapan masa depan NU untuk terus berjuang dan mengembangkan Islam yang rahmatan lil alamin dan berakidah ahlussunnah waljamaah,” ucapnya.
 


Ketua IPNU Sidorejo Muhammad Ulinnuha meyakini bahwa tadarus Al-Qur’an keliling dusun adalah kegiatan yang sangat bernilai dan bermanfaat. Karena dapat mempererat tali silaturahim antarsesama muslim dan memperkuat rasa kebersamaan dalam memperdalam pemahaman terhadap Al-Qur'an.


“Selain itu juga memberikan kesempatan anggota IPNU-IPPNU untuk terlibat dalam kegiatan rutinitas masyarakat,” jelasnya.


Menurutnya, tadarus keliling juga dapat menjadi sarana dakwah yang efektif dalam menyebarkan pesan-pesan kebaikan Al-Qur'an kepada masyarakat luas, terutama anak muda yang sudah mulai hilang meramaikan tempat-tempat ibadah.


Pengirim: Shella Trina Oktaviana


Dinamika Terbaru