Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra

Nasional

Peringati Hari Santri 2021, RMINU Diganjar Rekor Muri

Piagam rekor dari MURI (Foto: Dok)

Jakarta, NU Online Jateng
Rangkaian peringatan Hari Santri 2021 yang dihelat Pengurus Pusat Rabithah Ma’ahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMINU) dengan beragam acara dan kegiatan mendapat apresiasi dari Museum Rekor Indonesia (Muri) dengan siaran langsung media terbanyak.

 

Acara yang dilaksanakan secara online pada Jumat (22/10) yang dilakukan oleh seluruh pengurus NU, Badan Otonom (Banom) NU, dan seluruh pesantren di bawah naungan RMINU dan nahdliyin. Puncak khatmil Qur'an ditandai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an juz 30 yang terpusat di Aula PBNU Jakarta.

 

"Kegiatan 1000 khatmil Qur'an ini ditujukan kepada para shuhada, pejuang bangsa," terang Ketua Umum RMINU KH Abdul Ghofar Rozin.

 

Ketua Umum RMINU KH Abdul Ghofar Rozin mengatakan, peringatan hari santri tahun ini sudah menginjak usia yang ketujuh. Menurutnya, RMINU selalu berkomitmen untuk melakukan inovasi dengan capaian-capaian baru dan bermutu di setiap tahunnya.

 

“Dari sisi akademik, kita selalu berusaha fasilitasi santri pesantren-pesantren yang kita ukur keberhasilannya setiap hari santri,” tutur ketua RMI yang akrab disapa Gus Rozin.

 

Gus Rozin menyampaikan, RMINU sudah memulai rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Santri 2021 sejak 8 September 2021.

 

“Tahun ini rangkaian hari santri lebih banyak diwarnai dan didominasi oleh kegiatan yang sifatnya akademik. RMI PBNU bersama Lembaga PDP meluncurkan program beasiswa S2 dan S3 untuk santri di luar negeri. Dan alhamdulilah sudah banyak santri yang mendaftarkan dirinya untuk mendapatkan beasiswa tersebut,” kata Gus Rozin.

 

Selain program tersebut, RMINU juga menyelenggarakan Webinar Internasional yang diisi oleh nahdliyin yang sedang mengajar di perguruan tinggi di luar negeri.

 

“Ini memunculkan sebuah gagasan bahwa ke depan NU harus punya peta sumber daya manusia yang lebih konkret beserta tahapan-tahapannya untuk menyambut peringatan satu abad NU,” jelas Gus Rozin.

 

“Malam Hari Santri di acara puncak ini, bersama semua elemen pesantren terutama kiai santri dengan doa dan dua ribu khatmil Qur’an. Judulnya seribu khatmil Qur'an tetapi sesungguhnya realitanya sudah dilakukan dua ribu  khatmil Qur'an yang dilakukan pesantren-pesantren,” imbuh Gus Rozin.

 

Disampaikan, malam puncak peringatan Hari Santri 2021 diisi dengan pembacaan shalawat nariyah, amanat Hari Santri oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, dan peluncuran beasiswa bagi santri.

 

"Alhamdulillah, kegiatan ini mendapat apresiasi atau penghargaan rekor dari Museum Rekor Indonesia (Muri) kategori peringatan hari besar keagamaan dengan siaran langsung di media terbanyak," pungkasnya.

 

Kontributor: Imam Hamidi Antassalam
Editor: M Ngisom Al-Barony
 

Imam Hamidi Antassalam
Editor: M Ngisom Al-Barony

Artikel Terkait