• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 19 April 2024

Taushiyah

Ketika Keburukan Sedang Ditutupi

Ketika Keburukan Sedang Ditutupi
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Ketika engkau dicaci oleh orang lain berarti kebaikanmu sedang tertutupi atau sengaja ditutupi sehingga yang tampak hanya keburukanmu. Sebaliknya, ketika engkau sedang dipuji oleh orang lain berarti keburukanmu sedang tertutupi atau sengaja ditutupi sehingga yang tampak hanya kebaikanmu.

   
Keburukan atau kebaikan yang ada pada dirimu sesunghuhnya Allah yang lebih tahu daripada dirimu sendiri, sedangkan engkau lebih tahu keadaanmu daripada mereka yang memujimu.

   
Berdoalah kepada Allah SWT seraya memohon agar dijadikan orang yang lebih baik daripada yang dipersangkakan oleh orang lain. Doa yang diriwayatkan oleh Baihaqi:


اللَّهُمَّ أَنْتَ أَعْلَمُ مِنِّى بِنَفْسِى وَأَنَا أَعْلَمُ بِنَفْسِى مِنْهُمْ اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى خَيْرًا مِمَّا يَظُنُّوْنَ وَاغْفِرْ لِى مَا لاَ يَعْلَمُوْنَ وَلاَ تُؤَاخِذْنِى بِمَا يَقُوْلُوْنَ


Artinya: 
Ya Allah, Engkau lebih mengetahui keadaan diriku daripada diriku sendiri dan aku lebih mengetahui keadaan diriku daripada mereka yang memujiku. Ya Allah, jadikanlah diriku lebih baik dari yang mereka sangkakan, ampunilah aku terhadap apa yang mereka tidak ketahui dariku, dan janganlah menyiksaku dengan perkataan mereka.


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru