• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Taushiyah

Ketika Hadiri Undangan Ajak Teman

Ketika Hadiri Undangan Ajak Teman
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Terkadang kita melihat seseorang menghadiri undangan jamuan makan didampingi oleh asisten (penderek). Atau mungkin kita sendiri yang melakukan hal itu, menghadiri undangan jamuan makan dengan mengajak seorang teman (asisten). Padahal asisten, penderek atau teman yang diajak tidak termasuk yang diundang, namun ikut masuk ke arena jamuan makan lalu menikmati hidangan yang ada.

   
Kalau engkau dalam posisi seperti itu, hendaknya engkau katakan kepada pihak pengundang kalau engkau datang bersama asisten, penderek atau teman. Kalau pihak pengundang mengizinkan, maka teruskanlah, tapi kalau pihak pengundang tidak mengizinkan, maka persilahkan asisten, penderek atau temanmu itu untuk meninggalkan arena.


Hadits nabi:


عن أَبي مسعود البَدْريِّ - رضي الله عنه - قَالَ: دعا رَجُلٌ النَّبِيَّ - صلى الله عليه وسلم - لِطَعَامٍ صَنعَهُ لَهُ خَامِسَ خَمْسَةٍ، فَتَبِعَهُمْ رَجُلٌ، فَلَمَّا بَلَغَ البَابَ، قَالَ النَّبيّ - صلى الله عليه وسلم: «إنَّ هَذَا تَبِعَنَا، فَإنْ شِئْتَ أَنْ تَأْذَنَ لَهُ، وَإنْ شِئْتَ رَجَعَ» قَالَ: بل آذَنُ لَهُ يَا رَسُولَ الله. متفقٌ عَلَيْهِ .


Artinya:
Dari Abu Mas'ud Al Badri ra berkata, ada seorang lelaki mengundang Nabi shallallahu alaihi wasallam untuk menghadiri suatu jamuan makan yang dibuat untuk beliau, sebagai orang kelima dari lima orang yang diundang untuk itu. Tiba-tiba orang-orang yang diundang itu diikuti ~ oleh seseorang ~ yang tidak ikut diundang. Ketika sampai di pintu, Nabi bersabda: "Orang ini mengikuti kita semua. Jadi jikalau engkau suka mengizinkan untuk ikut ~ biarlah ia ikut ~, tetapi jikalau engkau tidak menyukainya, biarlah ia kembali saja." Orang yang mengundang menjawab: "Bahkan saya mengizinkannya, ya Rasulullah." (Hadits Muttafaq alaih)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru