• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Kamis, 23 Mei 2024

Regional

Ribuan Umat Islam Hadiri Haul Ulama Kota Pekalongan

Ribuan Umat Islam Hadiri Haul Ulama Kota Pekalongan
Kegiatan haul KH Abdullah Aziz di pemakaman Banyurip Ageng Kota Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)
Kegiatan haul KH Abdullah Aziz di pemakaman Banyurip Ageng Kota Pekalongan (Foto: NU Online Jateng/M Ngisom Al-Barony)

Pekalongan, NU Online Jateng
Ribuan umat Islam Pekalongan dan sekitarnya memadati area pemakaman Banyurip Ageng, Kecamatan Pekalongan Selatan, Kota Pekalongan mengikuti acara haul ke-81 KH Abdul Aziz Abu Mun'im pada Rabu (17/4/2024) pagi.


Selain haul untuk Kiai Abdul Aziz, pada kesempatan tersebut juga menggelar haul ke-91 untuk Nyai Hj Maryam Abdul Aziz, haul ke-25 KH Mudzakir Asyhuri, dan haul ke-24 KH Zaini Asyhuri.


Kegiatan haul diisi dengan pembacaan dalailul khairat dan tahlil berlangsung khusu' dalam cuaca yang cerah sehingga pada jamaah bisa mengikuti dengan tenang dan nyaman. Usai acara di maqbarah, jamaah yang hadir transit di rumah KH Muhith Mudzakir di kawasan Mushala Rohmatul Mubtadiin Banyurip Alit.


Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Pekalongan Nur Sholeh mewakili keluarga mengatakan, acara haul yang rutin diselenggarakan setiap tanggal 8 Syawal berlangsung dengan khidmat. Oleh karena itu dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir di majelis keluarga KH Muhith Mudzakir.


"Terima kasih kepada para ulama, kiai, habaib, dan seluruh jamaah yang telah meluangkan waktunya untuk secara bersama-sama berkirim doa kepada almaghfurlah KH Abdullah bin Abu Mun'im, Nyai Hj Maryam Abdul Aziz, KH Mudzakir Ashuri, dan KH Zaini Asyhuri," ujarnya. 


Disampaikan, selain puncak acara berupa pembacaan dalailul khairat, pada Selasa (16/4/2024) juga ada semaan dan khataman Al-Qur'an mulai jam 08.00 wib sampai selesai di Mushala Rohmatul Mubtadiin Banyurip Alit.
 


Akad Nikah Putra KH Muhith Mudzakir


Di sela acara ramah tamah yang dihadiri ribuan umat Islam, keluarga besar KH Muhith Mudzakir menikahkan salah satu putranya bernama Muhammad Baihaqi yang disaksikan oleh Habib Abdullah Baqir Alatas.


"Alhamdulillah seluruh prosesi akad nikah Mas Muhammad Baihaqi dengan Dini Safika Putri berjalan lancar, mohon doa restunya semoga kedua mempelai bisa mengarungi kehidupan dan menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah warahmah," ungkapnya. 


Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan KH Romadhon Abdul Jalil menyampaikan terima kasih kepada semua pihak atas kerawuhannya di acara haul keluarga KH Muhith Mudzakir dan pernikahan salah satu putranya.


"Kami mewakili jajaran PCNU Kota Pekalongan ikut mengucapkan selamat dan 'mangayu bagyo' semoga kedua mempelai bisa mengarungi perjalanan hidup tetap istiqamah berpegang teguh dawuh-dawuh para kiai dengan berpedoman ajaran ahlussunnah wal jamaah," pungkasnya.


Penulis: M Ngisom Al-Barony
 


Regional Terbaru