• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 28 Mei 2024

Regional

Rais PCNU Batang: Ingin Sukses, Hormatilah Orang Tua

Rais PCNU Batang: Ingin Sukses, Hormatilah Orang Tua
Kegiatan wisuda santri MA Takhasus Al-Syairiyah Plumbon Limpung Batang (Foto: Dok)
Kegiatan wisuda santri MA Takhasus Al-Syairiyah Plumbon Limpung Batang (Foto: Dok)

Batang, NU Online Jateng
Menghormati orang tua merupakan kunci sukses kita, baik di dunia maupun di akhirat. Oleh karena itu, bagi para santri hormatilah orang tua, yakni pertama adalah orang tua yang melahirkan dan merawat, kedua guru yang mengajarkan ilmu, dan yang ketiga mertua. 


"Ketiganya wajib dihormati. Kita wajib berbakti dan tidak boleh durhaka," tegas Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Batang KH Abdul Manaf Syair di acara Wisuda Madrasah Aliyah (MA) Takhasus Al-Syairiyah Plumbon Limpung Batang pada Rabu (25/5/22). 


Lebih lanjut disampaikan, walaupun mungkin sekarang sebagaian dari siswa dan siswi yang diwisuda lebih pintar dari orang tuanya, tetap wajib mengormatinya. "Walau bagaimanapun mereka adalah orang tua kalian dan kalian bisa seperti sekarang lantaran jerih payah orang tua kalian," terang Kiai Manaf. 


Ketua YISA KH Agus Musyafa' Syair meminta kepada orang tua wali dari siswa-siswi yang diwisuda untuk selalu mendukung putra putri mereka dalam mencari ilmu. "Jangan berhenti di titik ini. Monggo, dilanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi, baik dengan meneruskan ke pesantren, atau kuliah di perguruan tinggi," pintanya.





Dalam acara wisuda tersebut, para siswa dan siswi yang diwisuda memampilkan skill membaca kitab kuning dengan metode Amtsilati. Oleh salah satu dewan guru, mereka diminta membaca kitab Sulam Taufiq, dan ditanya tentang nahwu dan sorof lengkap dengan dasar nadzam Alfiyah yang ada dalam kitab Amstilati. 


Dalam demonstrasi itu, pengajar Amtsilati Gus H Zaimuddin Ahya bertanya tentang idhofah, tanda-tanda kalimat isim, isim ma'rifat, wazan masdar dan lain sebagainya. Pertanyaan-pertanyaan itu dijawab dengan baik oleh wisuda dan wisudawati disertai dengan melantunkan nadzam Alfiyah Ibnu Malik beserta artinya yang termaktub dalam kitab Amtsilati.


"Ini adalah sedikit gambaran hasil proses pembelajaran putra putri anda sekalian selama ini," kata Gus H Zaimuddin Ahya yang juga menjabat sebagai Pengurus Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN) Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Batang ini.


Pengirim: Romli


Regional Terbaru