• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Kamis, 23 Mei 2024

Regional

PWNU Jateng: Santri Harus Manfaatkan Perpustakaan Digital NU 

PWNU Jateng: Santri Harus Manfaatkan Perpustakaan Digital NU 
Ketua PWNU Jateng KH Abdul Ghaffar Rozin (tengah) di acara NU Demak (Foto: NU Online Jateng/Rohmad)
Ketua PWNU Jateng KH Abdul Ghaffar Rozin (tengah) di acara NU Demak (Foto: NU Online Jateng/Rohmad)

Demak, NU Online Jateng 
Santri sebagai pelanjut tradisi dan pewaris ilmu para kiai harus mampu memanfaatkan kehadiran perpustakaan digital (Digital Library) yang mendokumentasikan karya-karya para kiai yang hingga kini masih belum terdokumentasikan dengan baik di perpustakaan-perpustakaan.


Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah KH Abdul Ghaffar Rozin mengatakan, perpustakaan digital NU Demak yang dikelola Lembaga Ta'lif wan Nasyr (LTN) harus dimanfaatkan secara maksimal oleh para santri dan kader-kader muda NU di manapun tempat tinggalnya.


"Apalagi perpustakaan digital NU Demak titik fokusnya pada pendokumentasian karya-karya kiai dan tokoh NU yang belum terpublikasi secara luas, ini harus dimanfaatkan secara maksimal," kata Gus Rozin


Gus Rozin yang juga Pengasuh Pesantren Maslakul Huda Kajen Pati mengatakan hal itu saat menyampaikan sambutan dalam acara Lailatul Ijtima' dan Halal Bihalal Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Demak, di Aula Gedung NU Jl Sultan Fattah Demak, Selasa (7/5/2024), 


Disampaikan, bagi generasi yang sudah lanjut mungkin kurang akrab dengan dunia digital, namun terkait dengan perpustakaan ini sebaiknya mencoba untuk mengakrabinya, karena memang bermanfaat.


"Sedangkan bagi kader muda NU atau santri harus bisa memanfaatkannya dengan maksimal, inilah yang disebut sebagai transformasi digital dan berlanjut ke Artificial Intelligence (AI)," ujarnya.
 

Ditambahkan, ke depan perpustakaan digital juga harus dapat berfungsi sebagai sarana yang mendukung keberadaan database yang akurat dan valid. Sehingga suatu saat ketika ada yang bertanya kepada robot (mesin komputer) terkait amaliyah NU seperti tahlil, dan lain sebagainya robot itu bisa langsung menjawab sesuai amaliah nahdliyyin.


Sehingga lanjutnya, komputer atau robot itu dapat merespons dan menjawab tentang tahlil dan amaliyah-amaliyah NU lainnya. Insyaallah kehadiran perpustakaan ini berkah dan bermanfaat. "NU Demak jangan berhenti sampai di sini, peluncuran harus ditindaklanjuti dengan langkah kreatif dan inovatif berikutnya," ucapnya.


Ketua LTNNU Demak KH Choeroni  Al Hafidz kepada NU Online Jateng, Sabtu (11/5/2024) berjanji akan terus menyempurnakan perpustakaan digital, karena perkembangan dunia digital berlangsung sangat pesat dan cepat.


"Bismillah, kami dengan dukungan teman-teman muda NU di Demak akan berkoordinasi dengan MWCNU dan para kiai-kiai pesantren akan menginventarisir karya-karya pendahulu untuk didokumentasikan dan dipublikasikan di web ini," pungkasnya.


Pengirim: Rohmad Soleh 


Regional Terbaru