• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Regional

Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Brebes Sosialiasi Role Model Pesantren Sustainable Development Goals 

Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Brebes Sosialiasi Role Model Pesantren Sustainable Development Goals 
Kegiatan FGD kerja sama dengan Bappenas di pesantren Al-Hokmah 2 Benda Brebes (Foto: Dok)
Kegiatan FGD kerja sama dengan Bappenas di pesantren Al-Hokmah 2 Benda Brebes (Foto: Dok)

Brebes, NU Online Jateng
Pesantren Al-Hikmah 2, Benda, Sirampog, Kabupaten Brebes selama enam hari menjadi tuan rumah Focus Group Discussion (FGD) dan Sosialiasi Role Model Pesantren Sustainable Development Goals (SDGs). 


Pengasuh Pesantren Al-Hikmah 2 KH Sholahuddin Masruri mengatakan, FGD dan SDGs diselenggarakan bersama oleh Pesantren Al-Hikmah 2 dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) selama enam hari (22-27/11/2022).


"Staf Ahli Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan  Vivi Yulaswati menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan ini," kata Gus Sholah.


Gus Sholah yang juga Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Brebes mengatakan hal itu melalui siaran pers Pesantren Al-Hikmah 2 Brebes yang diterima redaksi NU Online Jateng, Rabu (23/11/2022).


Disampaikan, dalam FGD juga tampil narasumber lainnya, yakni Kepala Sekretariat SDGs Nasional Setyo Budiantoro, SDGs Manager of Economic Development Pillar Arif, Direktur PPKSI dan Sekretaris Pusat Pengembangan Kampung SDGs Indonesia (PPKSI) Fauzan Adhim.





Untuk menyukseskan tujuan yang ada di SDGs lanjutnya, yang penting adalah Komitmen Keagamaan (I'tiqadu Al qawiyyah Al-Diniyyah) dan Komitmen Kebangsaan dan Kenegaraan (I'tiqad Al-Qawiyyah Al-Wathaniyyah) diamalkan.


"Pesantren sejak dulu bahkan sebelum Indonesia merdeka sudah punya komitmen Hubbul Wathan, cinta pada tanah air dengan membangun dan memakmurkan tanah air yang ditempati dan itu menjadi bukti dalam pencapaian tujuan SDGs atau pembangunan berkelanjutan," terangnya. 


Para peserta FGD ujarnya, dijadwalkan akan melakukan peninjauan lapangan terkait energi terbaharukan (energi solar cell dan Rooftop pesantren) dan pertanian organik yang ada di Pesantren Al-Hikmah 2.


Ketua Pembina Pusat Pengembangan Kampung SDGs Indonesia (PPKSI) KH Misbahus Salam saat menyampaikan sambutan pembukaan mengatakan, dalam  upaya mencapai tujuan SDGs pondok pesantren perlu memaksimalkan tiga harakah.


"Tiga harakah itu meliputi Harakah Fikriyyah (Gerakan Pemikiran) melalui forum forum dialogis dan Harakah Tathbiqiyyah (Gerakan Implementasi Program) yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, dan  Harakah Istiqraiyyah (Gerakan Penelitian) melalui kajian kajian ilmiah," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda
 


Regional Terbaru