• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 19 April 2024

Regional

Pagar Nusa Kedungbanteng Banyumas Raih Juara II UIN Saizu Open Championship

Pagar Nusa Kedungbanteng Banyumas Raih Juara II UIN Saizu Open Championship
Kontingen Pagar Nusa kedungbanteng, Banyumas raih juara II di kampus UIN Purwokerto (Foto: NU Online Jateng/Syafiq)
Kontingen Pagar Nusa kedungbanteng, Banyumas raih juara II di kampus UIN Purwokerto (Foto: NU Online Jateng/Syafiq)

Banyumas, NU Online Jateng
Meski baru berusia seumur jagung, namun Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (IPSNU) Pagar Nusa Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas berhasil mencatat prestasi yang membanggakan.


Ketua Pagar Nusa Kedungbanteng Indra Nur Hidayat mengatakan, salah prestasi yang membanggakan adalah saat mengikuti kejuaraan Pencak Silat Pagar Nusa se-Jawa Tengah 'UIN Saizu Championship' diselenggarakan di Pesantren Darussalam Dukuh Waluh-Banyumas, 24-26 Juni lalu.


"Dalam even itu kontingen Pagar Nusa Kedungbanteng meraih juara ke-2," kata Indra Nur Hidayat melalui siaran pers yang diterima redaksi NU Online Jateng, Rabu (5/7/2023).


Disampaikan, dalam even itu juara pertama diraih kontingen  Pagar Nusa Cabang Wonosobo, sedang juara ketiga diduduki kontingan Pagar Nusa UIN KH Abdurrahman Wahid Pekakongan.


"Prestasi ini sangat membanggakan, mengingat secara organisasi PAC Pagar Nusa Kedungbanteng baru berdiri dan diresmikan pada 13 Mei 2023, jadi usianya  baru seumur jagung," ucapnya.


Ditambahkan, dalam kejuaraan itu Pagar Nusa Kedungbanteng yang menerjunkan pesilatnya untuk beberapa nomor/kelas menyabet 18 medali emas, 14 perak, dan 9pPerunggu. 


Bahkan ujarnya, salah satu pesilatnya atas nama Riska Taftiani meraih predikat Pesilat Terbaik Putri pada turnamen di UIN Purwokerto. Capaian-capaian prestasi Pagar Nusa diharapkan akan semakin meningkatkan daya tarik seni bela diri ini di mata masyarakat.


Dirinya berharap, raihan sebagai juara 2 dapat dijadikan pengalaman dan menambah jam terbang bertanding bagi para atlet atau pesilat pagar nusa Kedungbanteng guna mempersiapkan event selanjutnya.


"Setelah ini kami bersiap untuk mengikuti even berikutnya yakni Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN)," ungkapnya.


Dijelaskan, pesilat Pagar Nusa Kedungbanteng digembleng sebelum diterjunkan dalam turnamen dalam  Training Center yang diberi nama Trisula Sport Club (TSC) berpusat di SMK Diponegoro 3 Kedungbanteng. 


"Selama mengikuti kejuaraan iu mendapat support penuh dari seluruh komponen struktur organisasi NU di wilayah Kedungbanteng," pungkasnya.


Pengirim: Syafiq Najmudin 


Editor:

Regional Terbaru