• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Taushiyah

Menggunjingkan yang Fakta, Itulah Ghibah

Menggunjingkan yang Fakta, Itulah Ghibah
Foto: Ilustrasi (nu online)
Foto: Ilustrasi (nu online)

Memang, digunjing itu sakit rasanya meski yang digunjingkan itu benar adanya. Justru kalau yang digunjingkan itu benar adanya itulah yang disebut ghibah, tetapi kalau yang digunjingkan itu tidak benar adanya maka itu fitnah namanya.

   
Kalau engkau sedang bercengkerama duduk dalam satu majelis bersama dengan tetangga, teman atau orang lain lalu engkau hendak meninggalkan mereka lebih awal dan tidak ingin digunjing setelah kepergianmu, maka sebelum engkau duduk bersama mereka bacalah 'bismillahirrahmaanirrahiim washallallahu alaa sayyidinaa muhammadin wa alaa aalihi washahbihi wasallam'.

Hadits nabi:


وقال صلى الله عليه وسلم:  إذا جَلَسْتُمْ مَجْلِسا فَقُولُوا بِسْمِ الله الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ وَصَلَّى الله عَلَى سِيِّدِنا محمدٍ وَعَلى آلهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّم فإنَّ مَنْ فَعَلَ ذٰلكَ وَكَّلَ الله بِهِ مَلَكا يَمْنَعَهُمْ مِنَ الغَيبةِ حَتَّى لا يَغْتَابُوكُمْ


Artinya:
Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda: Ketika kalian duduk dalam satu majelis, maka ucapkanlah bismillahirrahmaanirrahiim washallallahu alaa sayyidinaa muhammadin wa alaa aalihi washahbihi wasallam, barang siapa melakukannya maka Allah akan mengutus Malaikat yang menjaganya dari orang-orang yang menggunjingnya hingga mereka tidak bisa melakukannya. (Lubabul hadits)


Penulis: H Ahmad Niam Syukri Masruri


Taushiyah Terbaru