• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

NU Kudus Peduli Kirim Relawan Ke Cianjur Jabar

NU Kudus Peduli Kirim Relawan Ke Cianjur Jabar
NU Kudus kirim relawan ke Cianjur Jabar (Foto: NU Online Jateng/Afina)
NU Kudus kirim relawan ke Cianjur Jabar (Foto: NU Online Jateng/Afina)

Kudus, NU Online Jateng
NU Kudus Peduli yang dinahkodai Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten  Kudus mengirimkan relawan ke kawasan terdampak gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (28/11/2022) pekan lalu. 


Sebanyak 19 orang terbagi menjadi dua gelombang. Gelombang satu terdiri 4 orang, sedangkan gelombang dua terdiri 15 orang.


Ketua PC LAZISNU Kabupaten Kudus HM Ihdi Fahmi kepada NU Online Jateng, Rabu (7/12/2022) mengatakan, 4 orang terdiri dari Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) yang terdiri dua dokter, dua perawat, tim media dari LAZISNU, dan lainnya sebagai relawan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU), dan Banser Tanggap Bencana (Bagana).


"Selanjutnya tim NU Kudus Peduli bergabung bersama NU Jawa Peduli Kemanusiaan untuk membantu korban gempa bumi Cianjur yang meliputi pelayanan kesehatan, dapur umum, dan bersih-bersih rumah," ucapnya.


Gus Fahmi sapaan akrabnya menyampaikan bahwa tim gabungan ini akan bertugas memberi layanan kesehatan gratis selama 7 hari di Cianjur. Tepatnya di kecamatan Karangtengah, dan Cilaku. "Saya berharap kegiatan tersebut berjalan lancar, bisa memberi manfaat bagi warga korban bencana disana dan membawa keberkahan bagi semua," terangnya.


Saat ini lanjutnya, tim telah kembali ke Kudus dengan kondisi cukup baik. Selanjutnya secara bergiliran cabang lain untuk melanjutkan baktinya di Cianjur yang keberangkatannya diatur oleh PWNU Jawa Tengah, dalam hal ini Tim Jateng Peduli Kemanusiaan selama tanggap bencana berlangsung.


Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kudus HM Sarmanto mengatakan bahwa teman-teman relawan harus menjaga nama baik NU Kudus. Pergi ke Cianjur diniatkan untuk khidmah kemanusiaan. “Khairunnas anfauhum linnas yang artinya sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain,” katanya.


Dirinya menambahkan, apa yang dilakukan relawan adalah perilaku terpuji. Pengurus NU Kudus hanya bisa berdoa agar khidmah sahabat-sahabat menolong warga Cianjur termasuk tercatat amal yang shalih. "Semoga warga terdampak gempa di Cianjur diberikan kesabaran dan ketabahan atas berbagai ujian dari Allah SWT.


Kontributor: Afina Izzati


Regional Terbaru