• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Nasional

NU Jateng Peduli Siapkan Hunian Darurat untuk Pengungsi Gempa Cianjur 

NU Jateng Peduli Siapkan Hunian Darurat untuk Pengungsi Gempa Cianjur 
Kegiatan pembersihan puing-puing rumah roboh oleh tim NU Jateng Peduli Kemanusiaan di Cianjur, Jabar (Foto: Dok)
Kegiatan pembersihan puing-puing rumah roboh oleh tim NU Jateng Peduli Kemanusiaan di Cianjur, Jabar (Foto: Dok)

Semarang, NU Online Jateng
NU Peduli Jateng menyiapkan rumah darurat (rumdar) untuk digunakan berteduh warga tedampak akibat gempa bumi Cianjur Jawa Barat yang rumahnya rusak berat pada Senin (21/11/2022) lalu.


Koordinator NU Peduli Jateng KH Mandzur Labib mengatakan, informasi dari relawan di lokasi bencana yang sudah beberapa hari menjalankan tugas kemanusiaan menyebutkan korban terdampak saat ini membutuhkan fasilitas hunian yang layak meski minimalis.


"Karena itu kami menyiapkan konsep pembangunan rumah darurat (rumdar) terutama warga korban yang rumah tinggalnya rusak berat," kata Gus Mandzur usai memimpin rapat koordinasi NU Jateng Peduli di Semarang, Kamis (1/12/2022)


Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBINU) Jateng Winarti menyampaikan, relawan NU Peduli Jateng selama di area gempa ditugaskan memberikan pertolongan dan bantuan kepada korban di 12 titik yang wilayahnya berada di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur.


"Setiap hari membantu membersihkan puing-puing bangunan rumah yang roboh, mengoperasikan dapur umum, membagikan sembako, dan membangun fasilitas sanitasi," kata Winarti.



Kondisi salah satu rumah terdampak gempa bumi di Cianjur Jawa Barat (Foto: Dok)


Diterangkan, selain itu yang kini masih dilakukan adalah memberikan layanan kesehatan. Pada akhir pekan ini NU Peduli Jateng akan mengasesmen jumlah rumah warga yang mengalami rusak berat untuk dibangunkan humdar.


Saat ini lanjutnya, warga terdampak yang rumahnya rusak berat ditampung di tenda-tenda pengungsian untuk sekadar bisa berteduh, karena terbatasnya daya tampung tenda pengungsi hal mengurangi kenyaman pengungsi. 


Dia menambahkan, berjubelnya pengungsi di tenda pengungsian untuk jangka waktu yang pendek tidak ada masalah, namun jika terlalu lama berpotensi memunculkan problem baru.


"Karena itu, sambil menanti perbaikan rumah korban yang rusak parah mereka bisa menempati humdar yang akan disiapkan di 12 titik lokasi oleh NU Peduli Jateng," ucapnya.


Ketua PW Lembaga Amol Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jateng H Muhammad Mahsun melalui NU Online Jateng mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat yang telah berdonasi untuk membantu dan menolong korban gempa Cianjur melalui rekening NU Peduli Jateng dan LAZISNU Jateng.


Dikatakan, hingga kemarin bantuan masyarakat terus mengalir ke Posko NU Peduli Jateng, di antaranya berupa logistik sayur-sayuran, mi instan, dan makanan siap saji lainnya.


"Bantuan berupa logistik langsung diangkut ke lokasi agar secepatnya bisa diolah dan dibagikan kepada pengungsi, sebab kalau terlalu disimpan akan membusuk dan tidak bisa dimanfaatkan," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Nasional Terbaru