• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

Momentum 1 Abad NU, PCNU Rembang Bakal Dirikan Perguruan Tinggi

Momentum 1 Abad NU, PCNU Rembang Bakal Dirikan Perguruan Tinggi
Foto: Ilustrasi (Istimewa)
Foto: Ilustrasi (Istimewa)

Rembang, NU Online Jateng
Puncak peringatan 1 Abad NU di Kabupaten Rembang Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) akan mencanangkan pendirian Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) yakni Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) ditandai dengan peletakan batu pertama pada Maret 2023 mendatang.   


Ketua PCNU Rembang KH Achmad Sunarto mengungkapkan, beberapa agenda kegiatan semarak 1 Abad NU digelar di tingkat Majelis Wakil Cabang (MWC) maupun Ranting Nahdlatul Ulama (NU) se-Kabupaten Rembang.


“Sementara di tingkat PCNU Rembang pada akhir Februari akan digelar lomba kajian kitab kuning dan pada Maret ada peletakan batu pertama pembangunan kampus STAINU," ujarnya kepada NU Online Jateng, Selasa (7/2/2023).


Salah satu kader NU yang berkecimpung di dunia pendidikan Jariyatun Millah menyampaikan, selaku warga Rembang dirinya sangat senang dengan didirikannya kampus NU di Rembang.


“Dengan adanya sekolah tinggi NU di Rembang akan sangat membantu dalam meningkatkan pendidikan pada masyarakat terutama anak-anak yang ingin melanjutkan ke pendidikan perguruan tinggi,” ucapnya.



Rombongan PCNU Rembang di acara puncak Harlah 1 Abad NU di Stadion Delta Sidoarjo Jatim (Foto: Dok)


Perempuan yang mengabdi di TK Berdikari dan Madrasah Diniyah Bahrul Ulum Desa Purworejo, Kaliori ini menambahkan, dengan adanya pendidikan tinggi di daerah setempat bisa meringankan biaya dan orang tua akan mensupport anak-anaknya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. 


“Selain itu orang tua juga harus memilihkan pendidikan yang mengadopsi kearifan lokal dan menjunjung tinggi keagamaan, akan tetapi orang tua juga harus mengetahui minat bakat anaknya supaya tidak salah dalam memilih atau mengambil jurusan,” jelasnya.


Sekretaris PCNU Rembang H Muhtar Nur Halim menjelaskan, dalam resepsi puncak Harlah 1 Abad NU di Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur rombongan Rembang menggunakan 8 bis, 3 elf, 2 Hiace, dan lima mobil.


“Kita berangkat kemarin (Senin, red) mulai jam 19.30 ke Sidoarjo berangkat sendiri-sendiri dan tidak ada titik kumpul di Rembang,” katanya.


Pria asal Desa Gandri Kecamatan Sedan ini menambahkan, semua rombongan akan dijemput oleh panitia lokal di exit Tol Waru Waru Sidoarjo.


“Rombongan PCNU dari Rembang ditampung di rumah warga yang berada di sejumlah desa. Setidaknya ada tiga desa antara lain, Desa Sukorejo, Sidokepung, dan Buduran serta kemungkinan akan berada di empat desa,” pungkasnya.


Kontributor: Moh Lilik Wijanarko 


Regional Terbaru