• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

Makesta Gerbang Awal Berkhidmat di IPNU-IPPNU 

Makesta Gerbang Awal Berkhidmat di IPNU-IPPNU 
Kegiatan Makesta IPNU-IPPNU UIN Walisongo Semarang (Foto: NU Online Jateng/Solekha)
Kegiatan Makesta IPNU-IPPNU UIN Walisongo Semarang (Foto: NU Online Jateng/Solekha)

Kendal, NU Online Jateng
Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang adakan Masa Kesetian Anggota (Makesta) ke-2 tahun 2022.


Kegiatan yang berlangsung di Gedung Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kendal dilaksanakan selama tiga hari, Jumat-Ahad, (2-4/11/2022) dengan tema 'Sinergitas dan Loyalitas Kader yang Berkapasitas Dengan Landasan Semangat Perkembangan Organisasi'.


Ketua PK IPNU UIN Walisongo Semarang Suwarno mengatakan, kegiatan yang bertajuk family camp ground selain sebagai gerbang awal seorang kader untuk berkhidmat di organisasi IPNU-IPPNU juga bertujuan untuk mempersiapkan kader-kader NU yang berintelektual.


"Tujuan ke depan, para kader ini akan kita maksimalkan dalam bidang literasi. Di mana para kader merupakan ujung tombak intelektual NU dan mampu mengaktualisasikan pemikiran-pemikiran para tokoh NU," ujarnya.


Oleh karena itu lanjutnya, momen makesta harus dimanfaatkan dengan baik oleh para peserta yang sedang menempun pendidikan tinggi di UIN Walisongo Semarang. "Jangan sia-siakan kesempatan ini," tegasnya.





Ketua PK IPPNU UIN Walisongo Putri menyampaikan, kegiatan Makesta kali ini merupakan makesta kedua periode tahun ini dengan jumlah peserta terbanyak. "Tercatat 75 peserta IPNU-IPPNU yang mengikuti kegiatan. Mereka merupakan mahasiswa semester 1 hingga semester 3," terangnya.


Waka Bidang Kaderisasi PK IPPNU UIN WS Nur Baiti kepada NU Online Jateng, Senin (5/12/2022) menjelaskan, kegiatan Makesta dilakukan 2 kali, dan merupakan program kerja dari tim kaderisasi.


"Awalnya saat pendaftaran Makesta pertama terdiri dari 32 peserta, Namun untuk Makesta yang kedua ini jumlah peserta meningkat mencapai 75 peserta dan alhamdulilah progresnya sangat memuaskan," jelasnya. 

 
Alumni PK IPNU UIN Walisongo Ahmad Basrowi berharap, Makesta agar digelar secara konsisten, shingga mampu melahirkan kader-kader yang berintelektual. 


"Harapannya kader alumni Makesta ini dapat mengamalkan nilai-nilai Aswaja sebagai paradigma berfikir dalam kehidupan bermasyarakat. Semoga PK IPNU-IPPNU UIN Walisongo konsisten untuk melahirkan kader-kader intelektual muda NU di masa depan," pungkasnya.


Pengirim: Solekha


Regional Terbaru