• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Regional

LP Ma'arif NU Kendal Seleksi Calon Kepala Sekolah dan Madrasah

LP Ma'arif NU Kendal Seleksi Calon Kepala Sekolah dan Madrasah
Kegiatan seleksi calon kepala sekolah di lingkungan LP Ma'arif NU Kendal (Foto: Dok)
Kegiatan seleksi calon kepala sekolah di lingkungan LP Ma'arif NU Kendal (Foto: Dok)

Kendal, NU Online Jateng
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Kendal mengadakan seleksi 69 calon kepala sekolah dan madrasah. Kegiatan berlangsung selama 2 hari, Rabu-Kamis (29-30/6) di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) 06 Cepiring.


Dari 69 calon peserta ini berasal dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 32 calon, Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebanyak 22 calon,  Madrasah Aliyah (MA) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 7 calon serta Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebanyak 8 calon.


Ketua PC LP Ma'arif NU Kendal Ahmad Khoiron mengatakan, seleksi calon kepala sekolah atau madrasah bagian dari komitmen LP Ma'arif NU untuk mencari pemimpin yang cakap, integritas dan mumpuni.


"Ini merupakan komitmen dari LP Ma'arif untuk meningkatkan kualitas, sehingga NU menjadi nafas dalam pendidikan," ucapnya. 


Menurutnya, ciri khas dari NU di dunia pendidikan tidak boleh hilang, misalnya para murid diajari sebelum salam tidak boleh kalam. Assalamualaikum dulu baru kemudian bismillah.


"Ada banyak tugas bagi kepala sekolah / madrasah untuk selain memajukan pendidikan di masing-masing, juga untuk menjadikan anak didiknya memiliki bekal budi pekerti yang cukup," terangnya.


Ketua Panitia Seleksi Ahmad Supari menjelaskan bahwa ini kegiatan ini juga sudah sesuai dengan peraturan menteri. "Kegiatan ini diharapkan memperoleh kepala sekolah dan madrasah yang berkompeten," ucapnya. 


Disampaikan, seleksi ini sangat ketat, bisa jadi yang nantinya lolos cuma 30% saja. Dan siapapun tidak boleh ada intervensi, legal komitmen tidak bisa diintervensi. Progam seleksi sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 40 tahun 2021. 


"Bagi LP Ma'arif Kendal kegiatan seleksi pimpinan sudah berjalan sejak 5 tahun yang lalu," pungkasnya.


Pengirim: Ahmad Peci


Regional Terbaru