• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Regional

Kerja Sama dengan UIN Walisongo, Ansor Jateng Bekali Pelaku Usaha Proses Produk Halal 

Kerja Sama dengan UIN Walisongo, Ansor Jateng Bekali Pelaku Usaha Proses Produk Halal 
Kegiatan pembekalan kepada pelaku usaha oleh Ansor jateng dan UIN Walisongo (Foto: Dok)
Kegiatan pembekalan kepada pelaku usaha oleh Ansor jateng dan UIN Walisongo (Foto: Dok)

Semarang, NU Online Jateng
Pimpinan Wilayah (PW) Gerakan Pemuda Ansor Jawa Tengah menjalin kerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menyelenggarakan 'Workshop Pendampingan Proses Produk Halal' (PPH) kepada para pelaku usaha.


Wakil Ketua PW GP Ansor Jateng H Shidqon Wibowo mengatakan, pembekalan pendamping halal bagi pelaku usaha saat ini sangat penting, mengingat tren halal saat ini bukan hanya terbatas pada aspek produk, tetapi semakin meluas ke aspek yang lain.


"Karena itulah PW GP Ansor Jateng menjalin kerja sama dengan Walisongo Halal Center (WHC) UIN Walisongo Semarang menggelar kegiatan Workshop Pendampingan Proses Produk Halal (PPH). Kegiatan dikuti 150 peserta dari berbagai daerah di Jateng," kata Gus Shidqon.


Gus Shidqon yang juga Pengasuh Pesantren As-Shodiqiyah Semarang mengatakan hal itu saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Workshop Pendampingan Proses Produk Halal (PPH)  di Semarang, Jumat (26/8/2022).


Menurutnya, tren halal di indonesia saat ini semakin meluas, tidak hanya terbatas pada produk makanan atau minuman saja, tetapi melebar ke sektor jasa dan lainnya seperti  destinasi wisata, kosmetik, style, dan gaya berpakaian.


"Tren ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para pelaku usaha dalam mengembangkan berbagai macam usaha terutama dalam mengikuti kecenderungan perilaku konsumen yang bergerak dinamis,' ujarnya.


Dia menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan para pelaku usaha  dapat mengembangkan kreasi dan inovasi baru di bawah koridor halal, sehingga dapat merebut pangsa pasar di tengah persaingan bisnis yang  semakin ketat akhir-akhir ini.


"Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan Sertifikat Halal Gratis (Sehati) bagi pelaku usaha yang mengikutinya," terangnya.


Rektor UIN Walisongo Prof  KH Imam Taufiq menjelaskan, sertifikasi halal saat ini menjadi hal yang sangat urgen. Di tengah ekosistem halal Indonesia yang kian hari kian menjadi gaya hidup masyarakat, maka garansi sertifikasi halal menjelma menjadi labeling utama produk-produk.


Saat ini ujar Prof Imam yang juga Wakil Rais PWNU Jateng, semua produk bersaing untuk mendapatkan labeling halal. Ini menjadi tren baru masyarakat karena ekosistem halal ini semakin berkembang di Indonesia.


"UIN Walisongo berupaya menjadi motor penggerak dalam mengawal proses sertifikasi halal. Karena itulah melalui WHC bersama PW GP Ansor Jateng berupaya memperluas ekosistem halal di Indonesia," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Regional Terbaru