• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

Kepengurusan PWNU Jateng Berakhir, PBNU Perpanjang Hingga Maret 2024

Kepengurusan PWNU Jateng Berakhir, PBNU Perpanjang Hingga Maret 2024
Foto: Ilustrasi (nu online jateng/dok)
Foto: Ilustrasi (nu online jateng/dok)

Semarang, NU Online Jateng
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)  menerbitkan Surat Keputusan (SK) perpanjangan periodesasi Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah masa khidmat 2018-2023 selama 6 bulan terhitung mulai sejak 7 September 2023 hingga 7 Maret 2024 mendatang.


Sekretaris PWNU Jawa Tengah KH Hudallah Ridwan Naim mengatakan, perpanjangan periodesasi kepengurusan selama enam bulan itu dituangkan dalam SK PBNU nomor 268/A.II.04/09/2023 tanggal 21 Safar 1455 H/7 September 2023 M tentang Perpanjangan Masa Khidmat PWNU Jawa Tengah.


"SK ditandatangani KH Miftachul Akhyar (rais aam), KH Ahmad Said Asrori (katib aam), KH Yahya Cholil Staquf (ketua umum) dan H Saifullah Yusuf (sekretaris jenderal), komposisi personalia pengurus tetap tidak ada perubahan," kata kiai Hudallah di Semarang, Rabu (6/9/2023).


Disampaikan, selama masa perpanjangan itu PWNU Jateng diinstruksikan untuk melakukan penataan dan konsolidasi serta menyelenggarakan konferensi wilayah (konferwil) sebagaimana diatur dalam AD/ART dan Peraturan Perkumpulan (Perkum) NU paling lambat 6 bulan ke depan.


PWNU Jateng lanjutnya, akan mentaati dan menindaklanjuti instruksi PBNU yang tertuang dalam SK perpanjangan masa kepengurusan itu, terutama konferwil yang persiapan teknisnya sudah selesai pada akhir Juli lalu.
 

Sekretaris PWNU Jawa Tengah KH Hudallah Ridwan Naim (Foto: Dok)


"Namun karena proses verifikasi dan validasi (verval) organisasi oleh tim dari PBNU belum tuntas, akhirnya agenda konferwil yang dijadwalkan akhir Agustus lalu dijadwal ulang, sedangkan SK PWNU Jateng yang habis masa berlakunya 7 September 2023 diperpanjang," terangnya.


Selain memenuhi instruksi PBNU ujarnya, selama masa perpanjangan masa khidmat kepengurusan juga akan dimanfaatkan untuk menuntaskan program kerja yang belum selesai pelaksanaannya.


"Kepada pengurus lembaga di bawah PWNU Jateng dipersilahkan menuntaskan program-programnya pada masa perpanjangan ini," ucapnya.


Ketua Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) PWNU Jateng Muhammad Nuh menjelaskan, perangkat PWNU Jateng yang dipimpinnya pada masa perpanjangan masa khidmat akan menggelar dua kegiatan.


Dua agenda itu sambungnya, adalah Konferensi Ilmuwan NU sebanyak dua kali penyelenggaraan, konferensi pertama mengusung tema 'Ketahanan Sumber Energi dan Pangan' sedang konferensi kedua mengusung tema 'Merdeka Belajar'.


"Dua konferensi ilmuwan ini merupakan kelanjutan dari muktamar ilmu pengetahuan yang diselenggarakan akhir Agustus lalu di Kampus Unwahas semarang. Sebelum konferensi digelar akan didahului dengan Focus Group Discussion atau FGD," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda
 


Regional Terbaru