• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 17 Juni 2024

Regional

NU Online Jateng Gandeng Rumah Amal Salman ITB dan Alkademi Gelar 'Lailatul Coding' 

NU Online Jateng Gandeng Rumah Amal Salman ITB dan Alkademi Gelar 'Lailatul Coding' 
Foto: Ilustrasi
Foto: Ilustrasi

Semarang, NU Online Jateng
NU Online Jateng menjalin kerja sama dengan Rumah Amal Salman ITB (https://rumahamal.org/) dan Lembaga Bimbingan Belajar Alkademi (https://alkademi.id/) menyelenggarakan kegiatan Lailatul Coding.

 
Pegiat Rumah Amal Salman ITB sekaligus aktivis Alumni Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Institut Tekonogi Bandung (ITB) 2015 Abdul Aziz mengatakan, partisipan kegiatan difokuskan pada institusi pesantren, rumah ibadah, dan panti asuhan. 


"Tiga institusi ini memiliki posisi strategis dalam upaya pemberdayaan umat untuk dapat dimaksimalkan menjadi penggerak ekonomi, kreativitas umat dan media pembelajaran keterampilan digital," kata Azis dalam siaran pers yang diterima redaksi NU Online Jateng, Jumat (7/4/2023).


Menurutnya, tiga lembaga itu memiliki potensi yang sangat besar dalam melakukan pemberdayaan ekonomi pada umat. Selain itu juga menjadi tempat berkumpulnya potensi sumberdaya manusia (SDM) unggul dalam melakukan perubahan positif untuk kesejahteraan umat serta berpotensi menjadi pusat kegiatan keterampilan digital, di samping kegiatan utama adalah pendidikan agama.


Pendiri sekaligus Ketua Yayasan Kegiatan Lailatul Coding Dyan R Helmi menyampaikan, agenda 'lailatul coding' sudah berlangsung sejak sembilan tahun lalu (2014). Untuk tahun 2023 lanjutnya,  akan dimulai Senin (10/4/2023) besok.


"Agendanya sosialisasi aset website kepada Projects Owner, Laiatul Coding sesuai jadwal serentak hybrid, yaitu offline berlokasi di Jl Cisitu Indah VI No 6, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat dan online melalui aplikasi Zoom (url link zoom akan diinformasikan bagi peserta yang sudah mendaftarkan diri)," terangnya.





Ditambahkan, agenda lailatul coding 2023 dijadwalkan pada tanggal 13-14 April mendatang  direncanakan kegiatan akan berlanjut dalam bentuk pendampingan santri admin website pada Sabtu-Kamis (15-20/4) serta posting serentak artikel website oleh santri admin pada tanggal 22 April 2023. 


"Kegiatan Lailatul Coding selama ini menjadi wahana untuk mempertemukan santri, developer, dan project owner yang diharapkan dapat berkolaborasi membangun infrastruktur digital bagi pesantren, rumah ibadah, dan panti asuhan melalui website yang pada tahun 2023 ini bisa melakukan akses pendaftaran melalui url link sebagai berikut:


Bagi Developer yang memiliki ketrampilan (Skill) wordpress dan siap beramal dengan kreatif mengisi form pendaftaran di: https://bit.ly/devlc2023 dan bagi santri yang mempunyai keinginan kuat untuk belajar web programming mengisi form pendaftaran di: https://bit.ly/santrilc2023.


"Bagi project owner melengkapi data keperluan pembuatan web (contoh: foto2, artikel dll) mengisi form pendaftaran di: https://bit.ly/polc2023," ucapnya.
  

Menurutnya, project owner adalah lembaga yang memiliki informasi pesantren/rumah ibadah/panti asuhan yang akan go digital. "Project owner juga berkewajiban menyiapkan seorang santri admin yang siap menjadi trainer sekaligus leader bagi santri lainnya untuk membentuk teamwork pengelola website dari project owner," ujarnya.


Kegiatan ini lanjutnya, tak lepas dari pihak-pihak baik individu maupun entitas lembaga/korporasi yang memiliki kelebihan rezeki untuk berdonasi dan bisa mempelajari skema lengkap dari giat 'Lailatul Coding' tahun 2023 dari url link sebagai berikut: https://bit.ly/NUOLailatulCoding202


Dikatakan, kegiatan ini juga didukung Radya Digital Group (https://radyadigital.com/id/about), CloudHost (https://idcloudhost.com/), Startup Bandung, Geek Hunter (https://geekhunter.co/about-us, STT Cipasung (https://sttcipasung.ac.id/), FeedLoop (https://www.feedloop.io/about-us), Qwords Company International (https://qwords.co.id/history/), Nasgor Tiarbah (https://www.nasgortiarbah.com/#chef), IndoCISC (https://www.indocisc.co.id/about.html).


Kepala Divisi IT & Strategic Partnership Development NU Online Jateng Muhammad Nur Ihsan menjelaskan, dalam kerja sama ini pihaknya mengambil peran penguatan materi dasar jurnalistik, meliputi Basic Journalistic, Interview, News Writing, Article Writing, Ess FCay & Fragment Writing, Basic Editing, Web Graphic Design, Web Photography Digital Mindset, Business Model & Risk Management.


"Diharapkan  agar website yang sudah dibangun pada acara Lailatul Coding akan selalu up-to-date, memenuhi kaidah jurnalistik yang benar dan terukur," pungkasnya.


Pengirim: Abi Norsa 


Regional Terbaru