• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 12 April 2024

Pendidikan Tinggi

UIN Saizu Purwokerto Raih Predikat Akreditasi Unggul

UIN Saizu Purwokerto Raih Predikat Akreditasi Unggul
Civitas akademika UIN Saizu Purwokerto, Banyumas (Foto: Dok)
Civitas akademika UIN Saizu Purwokerto, Banyumas (Foto: Dok)

Banyumas, NU Online Jateng 
Universitas Islam Negeri (UIN)  Profesor KH  Saifuddin Zuhri (Saizu) Purwokerto, Kabupaten Banyumas berhasil meraih predikat akreditasi unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).


Rektor UIN Saizu Purwokerto Prof Dr KH Ridwan mengatakan, akreditasi unggul itu tertuang dalam Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No 349/SK/BAN-PT/Ak/PT/lIl/2024 tertanggal 26 Maret 2024.


"Predikat akreditasi unggul menjadi salah satu parameter tentang kualitas layanan perguruan tinggi. Akreditasi ini merupakan cita-cita besar yang juga membutuhkan energi yang besar untuk meraihnya," kata Prof Ridwan di Purwokerto, Senin (1/4/2024).


Menurutnya, Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) merupakan wujud rekognisi Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan BAN-PT bahwa perguruan tinggi memiliki tata kelola yang baik (good university governance) dengan layanan pendidikan yang berkualitas menciptakan lulusan yang kompetitif.


"Capaian UIN Saizu Purwokerto ini merupakan capaian bersejarah sekaligus pengakuan pemerintah bahwa layanan pendidikan UIN Saizu Purwokerto memiliki standar kualitas unggul," ujarnya.
 


Ditambahkan, ke depan UIN Saizu Purwokerto akan lebih mengembangkan dan menegaskan keunggulannya dengan tiga program pokok meliputi internasionalisi program studi, riset kolaboratif dengan PT luar negeri untuk penguatan, dan kemandirian BLU dan transformasi digital pada semua layanan kampus.


Prestasi ini ujarnya, adalah hasil kerja sama yang sinergis seluruh komponen civitas akademika, tenaga kependidikan, alumni dan stakeholders. Diharapkan pada tahun 2024 ini empat prodi juga akan meraih akreditasi unggul.


UIN Saizu memiliki lima fakultas yang membawahi 36 prodi menjadi kebanggaan warga masyarakat Banyumas dan sekitarnya. Dari sejumlah itu 15 prodi di antaranya sudah menyandang predikat akreditasi A atau unggul, diharapkan pada tahun 2024 ini 4 prodi akan menyusul meraih predikat  akreditasi unggul.


Pengamat pendidikan yang juga Sekretaris Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah KH Ahmad Niam Syukri mengatakan capaian UIN Saizu itu bagus sekali, setidaknya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perguruan tinggi ini.


"Dengan menggenggam predikat akreditasi unggul, UIN Saizu melalui alumninya harus mampu membuktikan keunggulannya di masyarakat," pungkasnya.

 
Pengirim: Djarmanto


Pendidikan Tinggi Terbaru