• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Selasa, 31 Januari 2023

Obituari

Innalillahi, Kader Muslimat Tembalang Semarang, Erna Rahayu Wafat

Innalillahi, Kader Muslimat Tembalang Semarang, Erna Rahayu Wafat
Almarhumah Erna Rahayu (Foto: Dok)
Almarhumah Erna Rahayu (Foto: Dok)

Semarang, NU Online Jateng
Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Kabar duka menyelimuti Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kota Semarang. Salah satu kader Muslimat NU Tembalang Erna Rahayu meninggal dunia. Kabar meninggalnya Erna disampaikan Sekretaris Muslimat NU Kota Semarang Dwi Supratiwi kepada NU Online Jateng, Senin (5/9).


"Innalillahi Bu Erna aktivis Muslimat Kota Semarang meninggal dunia. Beliau rajin dan aktif di Muslimat NU Tembalang," kata Tiwi sapaan akrabnya. 


Erna merupakan kader muslimat yang rajin dalam berbagai kegiatan sosial. Tidak hanya bersama Muslimat NU Ranting Tembalang, lebih dari itu juga aktif bersosialisasi bersama Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), dan Tim Penjangkauan Dinsos (TPD) Kota Semarang.


"Bukan hanya aktif dalam kegiatan sosial saja, bu Erna juga ikut menggerakkan entreprenuership di Muslimat dan PKK," sambung Tiwi.





Erna yang lahir di Semarang, 21 April 1973 meninggalkan suami bernama Sutiyo dan putrinya Mutiara Galih anak semata wayang buah pernikahan Erna Rahayu dengan Sutiyo. 


"Bu Erna sempat dirawat di Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) Tembalang Semarang karena serangan jantung. Aktif dan rajin, sepertinya tidak ada gejala sakit jantung selama ini," jelasnya.


Erna dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tembalang pada Ahad (4/9) jam 09.00 WIB. Saudara, sahabat, dan rekan seperjuangannya turut mengantar di peristirahatan yang terakhir.


"Kami tentunya merasa sangat kehilangan," kata Kepala Seksi (Kasie) Tuna Sosial dan Perdagangan Orang (TSPO) Dinsos Semarang Bambang Sumedi.



Almarhumah Erna Rahayu (dua dari kanan) (Foto: Dok)

Menurutnya, Erna merupakan pribadi yang ceria, baik, dan bertanggungjawab terhadap amanah yang dia emban. "Sebagai relawan Dinsos, Bu Erna selalu menjalankan tugas dengan baik dan laporannya juga jelas dan tertib," tegasnya.


Sebagai relawan sosial di Dinsos Semarang Erna memiliki jasa yang cukup besar dalam memastikan berbagai bantuan kepada masyarakat seperti validasi keluarga penerima manfaat (KPM) untuk mengawal bantuan pangan non tunai (BPNT).


"Selain itu juga penannganan bantuan untuk Covid-19, membawa orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dari jalanan ke panti rehabilitasi sosial sampai mendampingi kontrol di rumah sakit jiwa dan sebagainya," ucapnya. 


Disampaikan, totalitasnya dalam menjalankan misi kemanusiaan bisa menginspirasi masyarakat pada umumnya. "Semoga Allah menerima amal baiknya, mengampuni dosanya, dan menempatkan bu Erna di surga, serta keluarga dan para sahabat tabah menerima musibah ini," ucap Bambang mendoakan.


Selamat jalan, selamat beristirahat dengan tenang Erna Rahayu. Allahummaghfirlaha warhamha wa'fu anha, waj'alil jannata matswaha. Lahal Fatihah


Penulis: Ahmad Rifqi Hidayat


Obituari Terbaru