• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Senin, 15 April 2024

Nasional

Warga Terdampak Gempa Antusias Bantu Dapur Umum NU Jateng di Lokasi Bencana Cianjur

Warga Terdampak Gempa Antusias Bantu Dapur Umum NU Jateng di Lokasi Bencana Cianjur
Kegiatan dapur umum NU Jateng Peduli di lokasi bencana Cianjur Jabar (Foto: Dok)
Kegiatan dapur umum NU Jateng Peduli di lokasi bencana Cianjur Jabar (Foto: Dok)

Cianjur, NU Online Jateng
Kehadiran relawan NU Peduli Jateng di lokasi bencana gempa bumi Cianjur disambut gembira warga masyarakat setempat. Dengan senang hati warga membantu relawan dalam menyiapkan posko dan dapur umum.


Dapur umum Posko NU Peduli Jateng yang dikoordinir Reno Lesmono (NU Cilacap) mengatakan, warga tidak hanya membantu menyiapkan tempat dapur umum saja, tetapi juga membantu memasak untuk kebutuhan makan pagi, siang, dan sore para pengungsi.


"Mereka membaur bersama relawan NU Jateng menyiapkan masakan di dapur umum, ini sangat  membantu kami, setidaknya dalam memelihara stamina selama bertugas di areal bencana," kata Reno di Cianjur, Jumat (25/11/2022)


Disampaikan, dapur umum NU Peduli Jateng menempati rumah penduduk di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, kabupaten Cianjur. Bersama warga, relawan dapur umum menyiapkan makanan sebanyak 1.500 bungkus setiap harinya.


"Menu nasi bungkus sebanyak itu dilengkapi sayur kacang dan telur, pembagiannya tiga kali masing-masing 500 bungkus, dilakukan setiap pagi, siang dan sore dengan cara diantar ke lokasi pengungsian yang jaraknya sekitar 1 km," terangnya.





Dia menambahkan, jumlah relawan yang mengelola dapur umum dan pendistribusiannya ke lokasi pengungsian sebanyak 12 personel, karena dalam operasinolnya dibantu warga tugas-tugas itu dapat dijalankan lebih lancar.


Terkait dengan logistik ujarnya, persediaan yang dibawa dari Jateng dipastikan tidak cukup, untuk itu Posko mengupayakan pengadaan logistik dengan berbelanja di pasar-pasar terdekat. "Hingga kini  pelaksanaan aktivitas di dapur umum berjalan lancar, seterusnya semoga tidak ada kendala. Kalaupun ada semoga bisa cepat tertanggulangi," ucapnya.


Wakil Ketua PWNU Jateng KH Mandzur Labib mengatakan, sebagai koordinator Satgas NU Peduli Jateng akan terus memantau perkembangan tugas yang diemban relawan dari Jateng.


"Kepada seluruh relawan yang bertugas kami harap pandai-pandai menjaga stamina dan kesehatan diri, jangan lupa pelihara terus kekompakan tim," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Nasional Terbaru