• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Minggu, 4 Desember 2022

Regional

Pemprov Jateng Kirim Keperluan Wanita sampai Mainan Anak untuk Korban Gempa Cianjur

Pemprov Jateng Kirim Keperluan Wanita sampai Mainan Anak untuk Korban Gempa Cianjur
Foto: Ilustrasi (dok)
Foto: Ilustrasi (dok)

Semarang, NU Online Jateng
Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo sudah menyiapkan bantuan untuk musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Bantuan yang disiapkan mulai dari keperluan wanita sampai dengan mainan untuk anak-anak korban gempa.


“Malam ini kita sudah kita siapkan tapi teman-teman kayaknya mau berangkatnya besok. Dua hari ini kita mencoba untuk menyiapkan dukungan ke sana,” kata Ganjar kepada NU Online Jateng, Kamis (24/11/2022).


Ganjar juga terus berkomunikasi dengan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat. Khususnya terkait apa saja item yang dibutuhkan oleh para korban secara umum. “Ternyata yang dibutuhkan itu ya makanan bayi, keperluan perempuan, kasur, selimut, dan sarung,” ucap Ganjar.


Ganjar akan mengirimkan bantuan berupa mainan anak-anak. Sebab hal kecil seperti ini acap kali dilupakan, sementara anak-anak cenderung mengalami kejenuhan dalam pengungsian.


“Kita kirimkan juga tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Bank Jateng. Terus kemudian dari Palang Merah Indonesia (PMI) yang kita mintakan bareng-bareng nanti berangkat ke Jawa Barat,” urainya.


Seluruh bantuan tersebut kata Ganjar, sudah dibelanjakan dan siap kirim pada Kamis (24/11/2022). Selain itu, bantuan juga dikirimkan dari organisasi kemasyarakatan yang Ia pimpin yakni Keluarga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) melalui Kagama Care.


“Sebagai Ketua Kagama, tim kami sudah berangkat membawa water purifier yang dipakai untuk penjernihan air, biasanya nanti butuh banyak air. Sambil tim ini saya minta untuk masuk lebih ke dalam, search and rescue-nya dilakukan termasuk nanti mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan yang berkembang,” ucapnya.


Wakil Gubernur Jawa Tengah KH Taj Yasin Maimoen menambahkan, dirinya siap berkoordinasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jateng terkait bantuan ke Kabupaten Cianjur utamanya bantuan evakuasi dan medis.


Panglima Santri Gayeng Nusantara ini menjelaskan, bencana di Kabupaten Cianjur merupakan kepedihan seluruh negeri. Sehingga sudah menjadi keharusan wilayah lainnya bergerak untuk memberikan bantuan.


"Apa yang disampaikan pak Gub, untuk PMI kita siap. Nanti kita segera kita hitung bantuan-bantuan kita ke Cianjur," tuturnya.


Ketua Dewan Dewan Kehormatan PMI Jateng itu mengucapkan belasungkawa atas gempa bumi Senin (22/11/2022) kemarin. Dia berharap para korban diberikan ketabahan atas bencana yang terjadi.


"Kami ucapkan ke masyarakat Cianjur untuk bersabar, Insyaallah kepedihan masyarakat Cianjur adalah menjadi bagian dari kita," tuturnya.


Dirinya juga mengimbau kepada warga Jateng agar waspada. Menurut dia, curah hujan berintensitas tinggi ini berpotensi bencana. Bencana bisa terjadi kapan saja. Oleh karenanya, masyarakat perlu saling membantu apabila terjadi bencana.


"Dan kami menginstruksikan ke masyarakat Jateng waspada, karena hujan intensitas tinggi. Untuk bencana kita harus waspada baik itu hujan longsor dan bencana lainnya," pesannya. 


Penulis: Ahmad Rifqi Hidayat


Regional Terbaru