• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Sabtu, 24 Februari 2024

Nasional

Transformasi Digital Disiapkan Jadi Materi Kuliah Perguruan Tinggi Keagamaan 

Transformasi Digital Disiapkan Jadi Materi Kuliah Perguruan Tinggi Keagamaan 
Kegiatan Humas Gathering dan Capacity Building Kanwil kemenag Jateng (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda).
Kegiatan Humas Gathering dan Capacity Building Kanwil kemenag Jateng (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda).

Magelang, NU Online Jateng
Program transformasi digital yang menjadi salah satu bagian dari 7 program prioritas Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas disiapkan menjadi Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) pada Perguruan Tinggi Keagamaan (PTK). 


Kegiatan Humas Gathering dan Capacity Building yang diselenggarakan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Tengah itu berlangsung selama tiga hari, di Hotel Trio Front One Resort Magelang, Jumat-Ahad (1-3/12/2023).


Staf Khusus Menag Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo mengatakan, program transformasi digital akan diusulkan menjadi MKDU di seluruh PTK di bawah Kemenag segera. 


"Hal ini  penting, karena melihat perkembangan zaman yang serba digital, para mahasiswa PTK di bawah naungan Kemenag  dituntut harus mampu mengikuti kemajuan. Terutama bidang digital, agar mampu bersaing ditengah kompetisi yang kian ketat pada era globalisasi ini," kata Wibowo Prasetyo saat menyampaikan materi dalam kegiatan Humas Gathering dan Capacity Building.


Disampaikan, dalam Kabinet Indonesia Maju, Menag Gus Yaqut mencanangkan 7 program prioritas Kementerian Agama, meliputi program penguatan moderasi beragama, transformasi digital, dan revitalisasi Kantor Urusan Agama (KUA).


"Selanjutnya, kemandirian pesantren, cyber islamic university, religiosity index, dan tahun kerukunan umat beragama. Program prioritas itu sampai saat ini masih terus diglorifikasikan agar tidak sekadar dapat direalisasikan saja," ujarnya.


Tetapi lanjutnya, diupayakan dengan keras dan sungguh-sungguh agar kinerja Kemenag  terpenuhi bahkan berhasil melampaui targetnya. 7 prioritas program yang dicanangkan sejak tahun 2021 lalu kini berhasil melampaui target, indikasinya hasil kerja keras itu  kini telah bisa dilihat hasilnya.


Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (Karo HDI) Kemenag RI Akhmad Fauzin di sela kegiatan itu mengatakan, realisasi 7 program prioritas Kemenag itu dapat berjalan sesuai dengan harapan.


"Kegiatan yang diselenggarakan  oleh Kanwil Kemenag Jateng seperti ini diharapkan akan semakin mengglorifikasikan ke-7 program prioritas Kemenag yang muaranya adalah   peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Ini langkah yang patut kami apresiasi dan bisa diaplikasikan di Kanwil  Kemenag yang lain," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Nasional Terbaru