• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 7 Oktober 2022

Nasional

Rais PBNU: Tuntutlah Ilmu Selagi Masih Muda

Rais PBNU: Tuntutlah Ilmu Selagi Masih Muda
Rombongan PW IPNU Jateng silaturahim ke rumah Kiai Subhan Makmun di Brebes (Foto: NU Online Jateng/Erfan)
Rombongan PW IPNU Jateng silaturahim ke rumah Kiai Subhan Makmun di Brebes (Foto: NU Online Jateng/Erfan)

Brebes, NU Online Jateng
Rais Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Subhan Ma'mun mengatakan, ilmu yang bagus adalah ilmu muda. Walaupun ilmu itu wajib hukumnya dicari sepanjang umur, namun lebih utama di waktu muda.


"Begini ya, sebagai anak IPNU, anak muda harus giat dalam menuntut ilmu, karena ilmu yang bagus itu adalah ilmu yang dicari sewaktu muda," ujarnya.


Hal itu disampaikan kepada jajaran pengurus Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Jawa Tengah yang sowan di kediamannya komplek Pesantren Assalafiyah Desa Luwungragi, Kecamatan Bulakamba, Kabupaten Brebes Kamis (5/8/2022) sore. 


Kiai Subhan mengibaratkan bahwa menuntut ilmu sewaktu muda seperti menulis di atas batu. Sewaktu muda menuntut ilmu itu bagaikan menulis di atas batu. "Maksudnya, walaupun sulit namun tulisan yang (diukir) di batu akan membekas lama dan mudah diingat," terangnya. 


Dirinya menambahkan bahwa jika ilmu yang dituntut sudah di senja umur ibarat melukis di atas air. "Jika menuntut ilmu di waktu tua itu ibarat melukis di atas air, akan mudah hilang akibat lupa karena terkikis usia," ungkapnya. 


Wakil Sekretaris PW IPNU Jateng Riza Arkan kepada NU Online Jateng, Sabtu (6/8/2022) menjelaskan, rencananya para peserta kongres dari Jateng akan dilepas seremonial pada Kamis (11/8/2022) mendatang dan ditempatkan di Rest Area 260B Banjaratma, Brebes.


“Rombongan PW IPNU Jateng sowan ke Kiai Subhan selain mohon doa restu, juga memohon kepada Mbah Yai Subhan untuk berkenan melepas rombongan peserta kongres dari Jateng dan mendoakan kepada para peserta,” terangnya.


Sebagai informasi, PW IPNU Jateng akan membawa rombongan peserta yang berasal dari 35 Pimpinan Cabang (PC) IPNU se-Jawa Tengah untuk menghadiri Kongres XX IPNU di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta 12-15 Agustus 2022.


Pengirim: Erfan Hafidz Ahmad


Nasional Terbaru