• logo nu online
Home Warta Nasional Keislaman Regional Opini Kiai NU Menjawab Dinamika Taushiyah Obituari Fragmen Tokoh Sosok Mitra
Jumat, 19 April 2024

Nasional

PBNU Dorong RSINU Demak Tambah Fasilitas untuk Imbangi Peningkatan Pasien 

PBNU Dorong RSINU Demak Tambah Fasilitas untuk Imbangi Peningkatan Pasien 
Ketua LK PBVNU KH dr Zulfikar (tengah) saat kunjungi RSINU Demak (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)
Ketua LK PBVNU KH dr Zulfikar (tengah) saat kunjungi RSINU Demak (Foto: NU Online Jateng/Samsul Huda)

Demak, NU Online Jateng
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mendorong pengelola Rumah Sakit Islam Nahdlatul Ulama (RSINU) Demak untuk segera menambah berbagai fasilitas layanan sehubungan dengan semakin meningkatnya minat warga untuk mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit.


Ketua Lembaga Kesehatan (LK) PBNU KH dr Zulfikar As'ad mengatakan, trend kepercayaan masyarakat untuk mendapat layanan kesehatan di RSINU Demak semakin meningkat. Karena itu pengelola dan manajemen mulai sekarang harus melakukan antisipasi agar kepercayaan itu terus tumbuh.


"Salah satu antisipasinya adalah menyiapkan fasilitas baru di antaranya penambahan ruang layanan sekaligus untuk mengimbangi semakin bertambahnya jenis layanan untuk pasien," kata dr Zulfikar yang akrab dipanggil Gus Ufik di Demak, Sabtu (17/2/2024)


Gus Ufik mengatakan hal itu di sela melakukan peninjauan layanan kesehatan RSINU Demak kepada pasien usai mengikuti rapat tahunan rumah sakit yang dikelola Yayasan Hasyim Asy'ari (YHA) Demak.  


Disampaikan, LKPBNU akan membantu program pengembangan fasilitas-fasilitas layanan kesehatan masyarakat yang dikelola NU, termasuk RSINU Demak dan rumah sakit yang berhimpun dalam Asosiasi Rumah Sakit NU (Arsinu).


Direktur RSINU Demak dr H Abdul Azis kepada NU Online Jateng, Kamis (22/2/2024) menjelaskan, rumah sakit yang dipimpinnya kini terus berbenah dalam upaya meningkatkan layanan rumah sakit baik dari sisi manajemen maupun SDMnya.


"Saat ini jumlah dokter bedah bertambah menjadi lima orang, dokter ortopedi  juga siap memberikan layanan kepada pasien, dan terbaru RSINU Demak juga sudah membuka layanan hemodialisa atau cuci darah untuk pasien," terangnya.


Ketua YHA KH Aminuddin Mas'udi mengatakan di satu sisi meningkatnya kepercayaan masyarakat itu sangat menggembirakan, pertanda bahwa kehadiran NU dengan segala aktivitasnya, terutama aktivitas layanan kesehatan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.


Namun ujarnya, hal itu mengandung konsekuensi bahwa kepercayaan itu harus dirawat dan dipelihara bahkan harus ditingkatkan, YHA berkomitmen untuk terus menjaga kepercayaan itu melalui peningkatan dan pengembangan layanan.


"Insyaallah kami akan segera merealisasikan pengembangan fasilitas layanan, termasuk penambahan ruang-ruang layanan yang dibutuhkan," pungkasnya.


Penulis: Samsul Huda


Nasional Terbaru